RSS
Aside
08 Apr

By: andria wijaya

Bismillahirrahmanirrohim…

waktuSegala Puji Bagi Allah SWT Sang Maha Pemberi Kehidupan..

Dalam hidup kita selalu dihadapkan berbagai pilihan…

Dari bangun tidur misalnya, ketika mata mulai terbuka, langsung terpikir mau ngapain dulu ya? cuci muka atau gosok gigi, buang air, atau Ambil wudhu dulu? meski ini hal yg otomatis biasa kita lakukan, sadar atau tidak , ini adalah berbagai pilihan kecil yang harus Anda pilih setiap pagi…

Sebagaimana hidup..Sering kita mengucap, “rasanya baru kemarin saya lulus SMA,kog sekarang sudah punya Anak istri ya”.. rasaya cepat sekali waktu berlalu.. Gumaman seperti itu sering secara sadar ataupun tidak kita ucapkan. Sebagai luapan ekpresi bahwa waktu berjalan begitu cepatnya. Tak terasa begitu waktu berlalu.

Pada dasarnya waktu terbagi menjadi 3 yaitu masa lalu, masa sekarang, dan masa yang akan datang.

Masa Lalu

Adalah sebuah masa yang tentunya sudah kita alami tentunya. Masa dimana kita sudah tidak bisa mengubah kondisi apapun yang kita telah alami dan rasakan di waktu lampau. Seperti masa kita kecil yang begitu menyenangkan. Atau masa – masa kuliah dimana kita saat ii telah bekerja menjadi professional muda di sebuah institusi perusahaan ternama misalnya.

Masa Sekarang

Adalah masa yang sekarang atau saat ini kita alami, masa yang kita rasakan saat ini. Masa ini masih memberikan peluang bagi kita untuk merubahnya dengan segala doa dan usaha maksimal kita.

“Di dunia ini tidaklah ada cita – cita yang terlalu tinggi, tetapi yang ada adalah upaya yang tidak setinggi cita – cita.“ ( somebody quotes)

Masa Yang Akan Datang

Adalah Masa yang tidak pernah kita akan tahu sampai kapan itu akan berlangsung. Masa yang kita masih bisa berpeluang besar merubahnya menjadi kekuatan baru bagi masa depan kita. Semua orang ingin menggapai masa depan yang cerah.

Mari kita belajar berhitung disini;

Semoga ini bisa membuka pola piker Anda. Sekali lagi ini bukan satu – satunya parameter, tetapi sebagai salah satu dari sekian banyak metode yang bisa digunakan untuk menyadari arti penting usia hidup Anda, Wallahu Alam.

Manusia hidup rata – rata maksimal di usia 60 tahun

Detail aktivitas

waktu

%

Tahun

Masa kecilTidurMakan 3 x @ 20mnt

ibadah

Ngobrol ringan/bercanda

Perjalanan/berkendaraan

Aktifitas di toilet

Nonton TV/hobi                         Bekerja/meeting/ sekolah       Main Hp(sms, telp, bbm, internet)

6 jam

1 jam

1 jam

1 jam

2 jam

1 jam

2 jam

6 jam

2 jam

8%

24%

4%

4%

4%

8%

4%

8%

24%

8%

5

15

2,5

2,5

2,5

5

2,5

5

15

5

24 jam

100%

60

Liat table diatas ..

Renungkan sejenak???

Apakah lingkaran hidup dan keseharian kita seperti ini ?

Begitu tercengangnya kita ternyata tidur aja kita bisa 15 tahun sendiri dari 60 tahun hidup kita, sedang porsi ibadahpun hanya 2,5 tahun dari seluruh hidup kita.

Sekarang pilihan ada ditangan kita.

Apakah kita yang akan mengatur waktu sisa usia kita atau kita diatur oleh waktu??

Jawabannya ada niat, usaha, tekad, doa dan keyakinan kita.

Semua hidup kita sudah diatur Allah Yang Maha Menghidupkan. mari kita syukuri dengan menjalankan hidup dengan sikap terbaik, dengan panduan agama terbaik.

Semoga hidup kita lebih baik dan lebih bermanfaat ke depannya, dengan menyadari hal ini sejak dini,

In Shaa Allah….

Semoga Bermanfaat.

Mengatur Waktu atau diatur Waktu?

 

Leave a comment