RSS

Era Internet Of Things, Sudah Siapkah Bisnis Anda?

06 Nov

internetofthings

Internet Of Things merupakan sebuah konsep memanfaatkan konektivitas internet untuk berbagi data, mengontrol jarak jauh benda-benda fisik, dan manfaat lainnya.

Pada prinsipnya, Internet Of Things mengacu pada benda yang diidentifikasikan secara virtual dalam sistem berbasis internet. Contohnya, label tas berbasis sistem RFID dan kulkas pintar.

Jika dilihat dari sisi bisnis, nilai pasar Internet Of Things (IoT) sangatlah luas karena definisinya akan membaurkan lapisan perangkat, sensor, dan kekuatan komputer yang terhampar di seluruh Industri konsumen, B2B, dan pemerintah. IoT memperhitungkan jumlah koneksi besar yang semakin meningkat: 1.9 miliar perangkat masa kini dan diperkirakan akan ada 9 miliar perangkat sampai tahun 2018.

Dalam laporan baru dari BI Intelligence, terlihat ada transisi benda-benda fisik yang menjadi perangkat cerdas penuh dengan sensor yang bisa berkomunikasi dengan gadget lain dalam kehidupan sehari-hari. Dalam ruang konsumen, banyak produk dan layanan yang sudah pindah ke IoT, termasuk peralatan dapur dan rumah, pencahayaan, produk pemanas, dan perangkat pengawasan perusahaan asuransi mobil yang memungkinkan pengendara membayar asuransi hanya untuk jumlah mengemudi yang mereka lakukan.

Berikut contoh aplikasi IoT dalam B2B dan pemerintahan:

  • Iklan dan pemasaran terhubung. Cisco percaya bahwa kategori ini (Billboards terkoneksi internet) akan menjadi tiga terbesar kategori IoT, bersamaan dengan smart factories dan sistem pendukung telecommuting.
  • Sistem pengelolaan sampah. Di Cincinnati, volume sampah masyarakat turun 17% dan volume daur ulang meningkat hingga 49% melalui pemanfaatan program “pay as you throw” berbasis teknologi IoT untuk memonitor siapa yang membuang sampah melebihi batas.
  • Jaringan listrik pintar yang menyesuaikan tarif untuk penggunaan puncak energi. Jaringan listrik ini mewakili penghematan US$200 miliar hinga US$500 miliar per tahun sampai dengan 2025 berdasarkan McKinsey Global Institute.
  • Sistem air cerdas. Kota Doha, Sao Paulo, dan Beijing mengurangi kebocoran air 40-50% dengan meletakkan sensor pada pompa dan infrastruktur air lainnya.
  • Penggunaan dalam industri mencakup pabrik dan gudang terhubung, internet yang dikelola jaringan rakitan, dan sebagainya.

Uji coba penggunaan kulkas dan mesin kopi pintar yang dilakukan oleh Starbucks juga merupakan contoh nyata bagaimana kini industri mulai mengaplikasikan IoT.

Konsumen semakin haus akan informasi yang cepat dan selalu ingin terhubung, bisnis pun semakin fokus pada pelayanan terbaik dan efisiensi operasional. Jadi, sudah siapkah bisnis Anda memasuki era IoT?

Sumber: berbagai sumber|Gambar: iot-online.com

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: