RSS

Mengapa Kampanye Merek Anda Harus Menjadi Viral Marketing?

06 Nov

Viral marketing, adalah sebuah strategi pemasaran yang mengomunikasikan informasi merek kepada khalayak dengan memanfaatkan jaringan internet.

Meski masih baru berkembang, namun cara ini dianggap ampuh. Pasalnya, pengguna internet dewasa ini memang sedang marak. Tak hanya itu, sifatnya yang tak mengenal jarak pun membuat merek Anda bisa dikenal oleh siapapun dan dari daerah manapun.

viral marketing

Laman Forbes menjelaskan lewat artikel yang ditulis oleh Mitch Joel, bahwa merek harus mem-publish lebih banyak konten untuk membuat sebuah viral marketing yang hebat. Konten-konten inilah yang kemudian menjadi pengulangan dalam memperkenalkan sebuah merek, dan membuat merek terus menempel di kepala.

Kendati demikian, banyak merek yang merasa pesimis karena tidak memiliki konsumen yang aktif menonton. Tentunya anggapan ini salah besar, karena strategi viral marketing tidak untuk mereka yang sudah menjadi konsumen tetap Anda.

Meskipun demikian  konsumen yang aktif menonton akan dapat mendongkrak jumlah like, komentar, dan viewers. Namun faktanya,viral marketing juga ampuh menarik khalayak – yang bukan konsumen tetap – untuk melihat konten Anda.

Berikut ini alasan mengapa merek Anda perlu menjadi viral:

1.       Keluar jalur

Viral marketing akan membuat konten Anda sedikit keluar jalur. Menurut riset yang diberitakan HBR.org, setiap harinya ada sekitar 5,3 triliun iklan, 400 juta tweet, 4,75 miliar lembar konten Facebook, serta 144 ribu jam video YouTube yang tampil secara online. Viral marketing akan mampu membuat kehidupan dunia maya sedikit berwarna.

2.       Membuat merek lebih terekspos secara bebas

Kampanye viral marketing yang keren akan membuat banyak jumlah viewer, komentar, dan like. Hal ini akan menyebabkan banyak media lain (TV, radio, serta media cetak) meliputnya sebagai berita yang menarik. Tidak hanya itu, keterlibatan sosial dan interaksi merek juga akan meningkat.

3.       Meningkatkan ranking pencarian

Secara tidak langsung, ketika orang mengetikkan segala sesuatu di dunia maya yang berhubungan dengan viral marketing Anda, maka merek Anda lah yang akan keluar.

4.       Meningkatkan keterlibatan merek

Percaya atau tidak, secara tidak langsung, jika ada orang yang terlibat degan konten yang Anda berikan, mereka juga akan terlibat pada mereknya.

Jika Anda masih bingung atau tidak percaya, coba ingat kembali bagaimana konten tarian ‘Gangnam Style’, ‘Harlem Shake’, dan yang terbaru goyang ‘Caesar’ menjadi viral.

 

Sumber: blogs.hbr.org | Foto: keithpetri.com

 
Leave a comment

Posted by on November 6, 2013 in Inspirasi, strategi bisnis

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: