RSS

Jadikan Karyawan Sebagai Duta Merek yang Baik

06 Nov

karyawan sebagai duta merekSebuah survei yang bergerak di bidang kredibilitas dan kepercayaan, Edelman Trust Barometer mengumpulkan data hingga lebih dari 30 ribu orang pada tahun 2012. Survei tersebut menemukan, bahwa karyawan (biasa), memiliki nilai kredibilitas yang lebih dari para dewan eksekutif.

Ini menjadi catatan tersendiri bagi setiap perusahaan untuk mengubah karyawannya menjadi duta merek yang terpercaya. Karyawan ini akan menjadi pendukung yang paling vokal, pasalnya, mereka bersentuhan langsung dengan perusahaan dan basis pelanggan di lingkungannya(bisa menerapkan word of mouth marketing).

Sebuah survei dari laman Gallup juga menjelaskan, bahwa perusahaan yang memiliki tingkat keterlibatan karyawan yang tinggi, laba sahamnya meningkat hingga 3,9% dibandingkan dengan kompetitor mereka di industri yang sama.

Meski sudah banyak yang menjelaskan bahwa karyawan sendiri bisa menjadi Duta Merek yang hebat, tapi menurut studi yang dilakukan Gallup 2011 – 2012 (studi di 142 negara), hanya sekitar 13% karyawan yang terlibat (baik secara emosional dan komitmen) secara langsung untuk perusahaan mereka. Hal yang menyedihkan adalah perusahaan tidak mendorong karyawannya untuk menjadi “duta” bagi perusahaan, padahal itu penting.

“Lebih baik untuk membiarkan (menjadi duta) orang – orang yang terlibat secara langsung (karyawan), dari pada mereka yang dibayar,” ucap Scott Kirsner, kolumnis di The Boston Globe.

Namun ada pula beberapa perusahaan yang menyadari potensi dari kecintaan serta loyalitas karyawan untuk dimanfaatkan secara penuh, seperti Zappos.

Kendati demikian, tidak mudah untuk untuk melakukannya, Anda harus mulai melihat budaya yang diterapkan perusahaan kepada karyawan. Seperti nilai – nilai promosi kepada pelanggan yang kuat, loyalitas, serta lingkungan pekerjaan yang menyenangkan.

Caranya:

Hal yang paling penting untuk dilakukan demi membangun duta merek adalah dengan mengembangkan budaya brand ambassador dalam lingkup internal. Maksudnya adalah, agar karyawan terbiasa untuk memperkenalkan merek di manapun dan kapanpun.

Tony Hsieh, CEO Zappos.com, perusahaan sepatu yang sukses menciptakan duta merek pada setiap karyawannya menjelaskan, bagaimana mereka memutuskan untuk fokus pada budaya mereka. “Pada Zappos, kami yakin, jika Anda menerapkannya, sebagian besar seperti layanan pelanggan, membangun merek dalam jangka panjang, karyawan yang bergairah, akan terjadi secara alamiah.”

Tentu saja semua faktor tersebut akan mendukung kemajuan bisnis Anda.

Ada banyak cara menumbuhkan brand ambassador pada perusahaan Anda, salah satunya adalah dengan “kesejahteraan karyawan”. Tidak perlu sulit meningkatkan kesejahteraan karyawan, dengan menghargai mereka seperti memberikan t-shirt gratis, jalan – jalan bersama, memberikan waktu kerja yang dan gaji yang sesuai, serta lain sebagainya, akan membuat karyawan Anda nyaman, hingga akhirnya loyal terhadap perusahaan. Tapi tentu saja komunikasi yang baik antara atasan dan bawahan juga perlu terjalin.

 

Sumber: Forbes | Foto: Daily Examiner

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: