RSS

Ide Bisnis Paling Inovatif yang Muncul Lewat CrowdFounding

06 Nov

Jika Anda belum tahu, crowdfunding adalah sistem penggalian dana dengan cara patungan. Langkah ini dinilai efektif untuk membantu Anda yang kekurangan modal dalam membangun sebuah bisnis. Berbagai situs crowdfunding ternama seperti Kickstarter , Indiegogo, dan Wujudkan (situs Indonesia) hadir untuk membatu Anda dalam mendapatkan dana.

Permasalahannya adalah, Anda harus memiliki ide bisnis yang benar – benar inovatif dan orisinil agar konsep bisnis yang Anda tawarkan berhasil menarik para investor untuk membuka dompetnya.

3Doodler, salah satu produk paling inovatif yang muncul dari crowdfunding

3Doodler, salah satu produk paling inovatif yang muncul dari crowdfunding

Berikut adalah beberapa ide bisnis yang paling inovatif, diambil dari situs crowdfunding Kickstarter.

1.       3 Doodler, 3D-printing pen

Pernahkah Anda membayangkan untuk bisa menggambar di atas kertas (bukan menggambar di kertas ya). 3 Doodler membuat hal itu menjadi mungkin. Tinta yang digunakan oleh alat ini bekerja seperti lilin yang keluar, lalu mengeras, dan membuat karya Anda menjadi 3D. Proyek ini telah rampung dengan dana sebesar US$ 2.340.000. Penasaran seperti apa? Lihat videonya dibawah ini.

2.       SmartThings

Setiap manusia pasti tak pernah luput dari sifat lupa. Misalnya seperti lupa untuk mematikan lampu kamar, lupa untuk mengunci pintu, lupa dimana Anda meletakkan kunci, serta lupa – lupa lainnya. Nah, alat ini akan membantu Anda ketika mengalami masa – masa itu. Terhubung dengan internet, Anda akan bisa mematikan lampu, mengunci pintu, dan lain sebagainya lewat aplikasi smartphone. Smart banget nggak sih?  Proyek ini telah rampung dengan sukses mengumpulkan dana sebesar US$ 1.210.000.

3.       Oru Kayak

Anda tahu origami? Ya, itu adalah seni melipat kertas yang berasal dari Jepang. Kini, konsep tersebut dibuat dalam bentuk nyata. Tapi tidak semua seni melipat kertas mereka ciptakan, melainkan hanya perahu (kayak) saja. Sama halnya dengan origami (hanya saja dalam bentuk yang agak lebih besar), kayak Anda akan lebih mudah untuk dibawa ke mana – mana, karena bisa dilipat menjadi sebuah tas jinjing kotak dengan berat hanya sekitar 25 pounds. Sementara ketika sudah dijadikan kayak, benda tersebut memiliki panjang 12 kaki dan lebar 25 inchi. Ini akan sangat cocok untuk Anda yang hobi kayak. Proyek ini telah terealisasi dengan dana berjumlah, US$ 444 ribu.

Nah, jika Anda memiliki berbagai ide bisnis unik nan segar, tak ada salahnya untuk mengunjungi beberapa situs crowdfunding, agar ide Anda tak hanya numpuk di kepala, tapi juga jadi bentuk nyata.

 

Sumber: Entrepreneur | Foto: Kickstarter

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: