RSS

Amazon Melirik Bisnis TV

26 Apr

 

Bisnis TV nampaknya menggiurkan bagi Amazon. Ya, bisnis connected TV hardware memikat Amazon untuk terjun ke dalamnya. Berawal dari bisnis di dunia digital, Amazon kini melirik bisnis TV dengan rencananya meluncurkan perangkat TV set-top. Perangkat ini memungkinkan pengguna untuk streaming video yang ditawarkan oleh Amazon dari internet melalui TV.

Perangkat yang disambungkan dengan TV ini memungkinkan pengguna mengakses penawaran video dari Amazon. Penawaran tersebut terdiri dari Video on Demand yang menampilkan film dan acara TV terbaru, dan Instant Video Service gratis bagi pelanggan Amazon Prime.

Langkah Amazon – yang merupakan perusahaan ritel berbasis online – membuat banyak pihak penasaran. Jadi, apa alasan Amazon melirik Bisnis TV?

Connected TV hardware adalah bisnis menggiurkan

SmartTV dan Internet set-tops (atau net-tops) hanyalah sebuah awal dari perkembangan pasar yang signifikan. Pasar untuk bisnis ini berkembang cepat. Berdasarkan laporan NextMarket, pemasukkan untuk bisnis ini dari tahun 2014 hingga 2015 naik sekitar 2 miliar dolar AS.

Pemasukan itu belum termasuk permainan console yang bahkan memiliki pasar lebih besar. Dan Amazon pun sedang mempertimbangkan pasar tersebut.

Pangsa pasar bisnis connected TV advertising bisa lebih besar

Pasar perangkat keras untuk connected TV advertising sedang berkembang sangat cepat dan bisa menjadi pasar yang lebih besar. Pasar untuk iklan yang disiarkan secara langsung dan melalui kabel dikendalikan oleh operator multi saluran yang tradisional.

Sementara itu, para pembuat perangkat connected TV sudah menjual iklan pada produk mereka  ratusan juta tayang pada CPM (Cost Per 1,000 impression) yang tinggi. Melihat peluang besar tersebut, Amazon tidak akan menyerahkan kendali pasar tersebut kepada Google dan Microsoft.

Harga yang sebenarnya adalah konten

Harga yang sebenarnya bagi Amazon adalah penjualan konten. Melihat sejarah Amazon sebagai pionir dalam penjualan e-book dan perangkat e-book – Kindle Fire – yang kemudian menjadi begitu sukses, kemungkinan produk TV set-top ini bisa berhasil dipasarkan. Amazon saat ini sedang aktif mengembangkan studionya sendiri untuk membuat konten orisinil yang tepat bagi perangkat set-top mereka.

Bisnis TV sedang dihidupkan kembali tepat di depan mata kita dan Amazon menginginkan bisnis ini. Namun, Amazon bukanlah satu-satunya pemain. Apple TV, Roku, Boxee Cloud DVR, dan produsen connected TV hardware lainnya siap menjadi pesaing Amazon.

 

Sumber: Forbes.com

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: