RSS

5 Cara Wanita Pengusaha Memperkuat Bisnis dengan Networking

26 Apr

Jika wanita pengusaha menginginkan bisnisnya berkembang, mereka membutuhkan networking atau jaringan yang kuat. Bagaimanapun jaringan menjadi salah satu kunci penting dalam mengembangkan bisnis. Namun, menurut Jeanne M. Sullivan, General Partner di Perusahaan permodalan StarVest, Wanita cenderung tidak mengetahui bagaimana membangun dan menggunakan jaringan bisnis mereka.

Nah, Berikut 5 cara bagaimana wanita dapat memperkuat bisnis dengan jaringan.

Lupakan keterbatasan

Meskipun wanita adalah komunikator dan kolaborator yang baik, namun mereka cenderung tidak jago dalam membangun jaringan. “Para wanita cenderung membangun jaringan yang dalam, tapi tidak luas dan para pria cenderung membangun jaringan yang tidak dalam, tapi luas,” ujar Kelly Hoey, Pendiri Women Innovate Mobile (WIM).

Ketika memasuki sebuah jaringan, wanita harus melupakan keterbatasan tersebut, kemudian manfaatkan kelebihan yang dimiliki untuk memperluas jaringan.

Bangun jaringan seperti merawat sebuah taman

Seperti pupuk yang membantu kesuburan tanaman, bergabung dengan asosiasi bisnis dapat mempercepat pembangunan jaringan bisnis. Tapi, pastikan wanita pengusaha bergabung dengan asosiasi yang tepat.

Tidak ada tanaman yang bisa tumbuh tanpa air. Menjadi suatu sumber dalam sebuah jaringan seperti menjadi air yang mengairi tanaman. Ketika membangun hubungan, tunjukkan minat dan jadilah sumber bagi yang lainnya, ujar Kelly Hoey. Seseorang hanya bisa melakukan ini dengan menjadi pendengar yang baik.

Cristiani Mariani-May, Co-CEO Banfi Vinters, mengklaim kesuksesannya karena kemampuannya membangun jaringan dengan menjadi pendengar.

Gunakan media sosial untuk memperluas dan memperdalam jaringan

“Media sosial adalah cara yang hebat untuk memperluas pesan, berhubungan dengan audiensi, dan membangun jaringan,” ujar Ingrid Vanderveldt, CEO VH2 Energy Investments and Green Girl Energy.

Twitter dan LinkedIn adalah media sosial yang wajib dimiliki bagi para pebisnis. LinkedIn misalnya, sangat membantu para pebisnis berkomunikasi dengan pebisnis lainnya.

Pastikan para pria adalah bagian terbesar dari sebuah jaringan

Pria sebagian besar menduduki posisi pemimpin dalam banyak hal. Hoey dan Vanderveldt mengakui bahwa mereka membutuhkan pria untuk membuka peluang mereka ke pasar, vendor, uang, dan karyawan yang akan membantu perkembangan bisnis. Banyak pria pengusaha yang suportif kepada wanita pengusaha.

Persisten

Apapun yang ingin dicapai seseorang, ia tak perlu melakukannya sendirian. Ada komunitas di luar sana yang siap menyediakan dukungan. Dalam hal dukungan, ‘persisten’ menjadi sebuah nama permainan.

“Orang-orang besar di dunia (dan orang-orang yang kita jadikan panutan dalam belajar dan bekerja sama) biasanya telah memiliki komunitasnya sendiri,” Vanderveldt. “Jadi, jika Anda ingin terhubung dan bergabung dengan komunitas atau jaringan mereka, hal tersebut membutuhkan kerja keras dan banyak waktu,” jelasnya.

Selamat mencoba!

 

Sumber: Forbes.com

 

One response to “5 Cara Wanita Pengusaha Memperkuat Bisnis dengan Networking

  1. DBC Network | Peluang Bisnis Oriflame

    May 25, 2013 at 12:51 pm

    Wonderful submit, very informative. I’m wondering why the other specialists of this sector don’t understand this. You should continue your writing. I am confident, you have a huge readers’ base already!|What’s Happening i’m new to this, I stumbled upon this I’ve discovered It positively useful and it has aided me out loads. I am hoping to give a contribution & aid different users like its aided me. Great job.

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: