RSS

Tips Membuat Kicauan Bisnis Menjadi Viral

21 Apr

Penggunaan media sosial Twitter sudah menjadi bagian penting dari strategi bisnis, terutama untuk bisnis kecil. Dalam buku Ultimate Guide to Twitter for Business, Ted Prodromou menawarkan tips yang mudah dipahami dalam penggunaan Twitter yang dapat membantu pemilik bisnis kecil untuk berhubungan dengan konsumennya.

Membuat konten supaya menjadi viral tidak sesulit yang dipikirkan. Berikut beberapa tips  membuat kicauan Bisnis Anda menjadi viral  ala Ted Prodromou.

Ajakan untuk ReTweet

Setiap kali membuat kicauan, pengguna tentu berharap para followers-nya me-ReTweet sehingga tersebut menyebar di seluruh jagat Twitter. Cara seperti ini membuat pesan pengguna tersebut sampai kepada pengguna lain – tak hanya followers. Tambahkan kata-kata yang mendorong followers untuk me-ReTweet – misalnya, please vote, check this out, dan sebagainya. Gunakan kata-kata semacam itu seperlunya supaya tidak terlalu berlebihan.

Timing

Eksperimen dibutuhkan untuk mengetahui pada jam berapa saja seorang pengguna Twitter mendapatkan respon terbaik dari kicauannya. Biasanya kicauan yang terkait dengan bisnis mendapatkan respon paling baik pada saat jam kantor.

Tambahkan link

Berdasarkan Dan Zarrella dari HubSpot, kicauan yang ditambahkan link di dalamnya di-ReTweet hampir 70%.

Nilai lebih

Memberikan nilai lebih pada jaringan media sosial dapat membangun reputasi seorang pengguna. Berikut beberapa ide membuat cuitan memiliki nilai lebih agar menerima banyak ReTweet:

  • Berikan konten instruksi dan informasi
  • Breaking news
  • Peringatan terkait teknologi, sperti virus,  penipuan lewat Facebook, atau product updates
  • Kontes dan diskon untuk produk dan layanan yang menarik

Gunakan Tagar

Tagar sendiri pada dasarnya berfungsi sebagai penyaring informasi dengan kata kunci tertentu. Tagar juga membuat aktivitas promosi di berbagai media sosial lebih mudah terlacak.

Membuat kicauan yang berpotensi menjadi viral tidak begitu sulit ketika Anda melihatnya dari perspektif “memberi daripada menerima”. Tak hanya mempromosikan produk saja, mendukung dan memberikan informasi yang bermanfaat bagi follower dapat menambah nilai positif pada reputasi Anda dan menambah banyak ReTweet.

(Sumber: entrepreneur.com)

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: