RSS

Google Luncurkan Surat Wasiat Digital

21 Apr

Memikirkan kematian selalu menjadi hal yang tidak mengenakkan, namun kematian adalah hal yang pasti terjadi. Mempersiapkan segala hal sebelum tiba ‘waktunya’ menjadi hal yang sepatutnya dilakukan.

Selain harta warisan, mungkin Anda perlu juga mempersiapkan segala hal terkait data pribadi digital Anda seperti email, foto, dan sebagainya. Tentu Anda tak ingin data pribadi disalahgunakan atau email pribadi dibaca orang yang tak diharapkan pasca Anda tidak ada lagi di dunia ini. Google punya solusi untuk menangani data digital Anda pasca kematian.

Raksasa teknologi, Google, meluncurkan fitur baru yang disebut Inactive Account Manager. Layaknya sebuah surat wasiat, fitur ini memberikan daya bagi para pengguna untuk memutuskan apa yang akan mereka lakukan dengan data digitalnya – foto digital, dokumen, dan barang-barang virtual lainnya – setelah pengguna meninggal dunia.

Para pengguna tak perlu khawatir lagi email pribadi mereka akan dibaca oleh orang yang tak diharapkan karena layanan Google yang baru ini memberikan pilihan bagi para penggunanya. Layanan ini dapat digunakan untuk menyampaikan data online – dari Google Drive, Gmail, YouTube, atau jejaring Google+ – kepada seseorang atau menghilangkan data tersebut apabila akun tidak aktif dalam jangka waktu tertentu.

Pada halaman account setting, Google memberikan pengguna pilihan berbagi data dengan seorang teman dekat atau anggota keluarga atau menghapus akun pengguna dengan mengklik tombol “What should happen to your photos, emails and documents when you stop using your account?” Untuk mengaktifkan fitur ini pengguna harus memasukkan nomor telepon seluler.

Akun yang tidak aktif dalam jangka waktu tertentu akan dihapus, tapi sebelumnya pengguna akan diberi pemberitahuan melalui sms atau secondary email. Google meluncurkan layanan ini setelah langkah penting yang diambil pemerintah Amerika Serikat mengajukan undang-undang dan perlindungan terkait data pribadi pasca kematian.

 

(Sumber: dnaindia.com)

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: