RSS

6 Cara Spesifik Menajamkan Kekuatan Media Sosial

21 Apr

Berdasarkan data Google hampir 60% orang-orang berinteraksi secara online daripada berinteraksi dalam dunia nyata. Persentase tersebut bisa sangat menguntungkan bagi sebuah perusahaan jika memasarkan jasa atau produknya secara online.

Memanfaatkan media sosial bisa menjadi salah satu cara dalam pemasaran online. Berikut 6 cara spesifik menajamkan kekuatan media sosial agar menguntungkan bagi bisnis Anda (berdasarkan Ragan Conference)

  1.  Google+ Hangout On Air

Apa persamaan Maroon 5, Dalai Lama, dan Presiden Amerika Serikat Obama? Mereka sama-sama menggunakan sesi Google+ Hangout On Air. Dengan menggunakan sesi ini pengguna dapat berbicara dengan para fans dengan melibatkan mereka pada kegiatan produk dan bertemu dengan orang-orang di belakang sebuah merek.

  1. Adakan sebuah kontes melalui Pinterest

Pinterest menawarkan cara yang kreatif dan bermakna dalam berhubungan dengan audience dalam jumlah besar – terutama pelanggan perempuan umur 25-34 tahun.

 Pinterest memiliki intensitas penggunaan tiap user yang lebih besar daripada kombinasi Google, Twitter dan LinkedIn per Febuari 2012 berdasarkan alltwitter.com. Dengan mengadakan kontes, perusahaan dapat berhubungan dengan segmen audience yang sebelumnya tidak memperhatikan perusahaan tersebut.

  1. Twitter

Mulai pembicaraan dengan menanyakan para fans sehingga mereka memberikan jawaban beragam. Seperti yang dilakukan Marvel dengan menanyakan opini para fans-nya tentang rilis film dan game.

  1. Dengarkan suara fans

Ketika fans atau pelanggan mengeluh tentang produk atau layanan dari perusahaan Anda melalui media sosial, responlah dengan baik dengan menawarkan kompensasi menarik. Cara seperti ini berhasil dilakukan oleh manajemen tim bola basket Phoenix Suns.

Mereka mendapatkan komplain dari fans-nya melalui Twitter mengenai tempat duduk yang tidak nyaman saat pertandingan. Pihak sosial media Suns merespon Twitter fans dengan tawaran kursi spesial kelas satu di pertandingan selanjutnya. Respon tersebut disambut positif dan mempengaruhi audience dalam jumlah besar.

  1. Publikasi konten menarik

Konten menarik adalah konten yang relevan dengan audience, menghibur dan informatif. Sediakan ‘share button’ di sebelah konten untuk memudahkan pembacara merekomendasikannya kepada teman.

  1. Kembangkan strategi media sosial

Menggunakan suatu strategi untuk mencapai target usaha akan membantu Anda untuk membentuk pesan. Yang perlu diingat: strategi media sosial yang baik haruslah menyampaikan kebaikan (misalnya, kontes dan kupon) dan keburukan (misalnya, komplain pelanggan).

 

(Sumber: forbes.com)

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: