RSS

15 Pelajaran Berharga dalam Memulai Bisnis

04 Jan

Memulai suatu bisnis memang tidak mudah. Perlu banyak pengorbanan yang harus ditempuh, baik dari segi waktu, pendanaan, bahkan ada juga yang mengorbankan reputasi yang sudah ada pada dirinya.

Namun, semua pengorbanan tersebut akan sebanding dengan kepuasan batin dan kebanggan yang kita rasakan ketika sukses menjalankan bisnis tersebut. Apa saja sebenarnya yang diperlukan untuk memulai sebuah bisnis? Berikut ini beberapa pelajaran yang dapat membantu Anda untuk memulai bisnis:

1. Harus punya mimpi besar

Sebuah usaha yang sukses selalu diawali dengan sebuah mimpi yang besar. Namun, mimpi saja tidak cukup. Kita harus percaya pada diri sendiri dan ide bisnis yang kita cetuskan. Dari sana, kita perlu memvisualisasikan bagaimana bisnis tersebut tidak hanya akan mengubah hidup kita, tetapi juga merevolusi dunia

2. Cocokan Impian Anda dengan tindakan

Setelah mempunyai impian besar, cobalah mengambil inisiatif dan memastikan bahwa Anda bekerja setiap hari untuk menggapai impian tersebut. Perlu diingat mempunyai impian besar tapi tidak dibarengi dengan kerja keras hanyalah angan-angan belaka.

3. Selalu percaya pada bisnis yang Anda jalankan

Menjadi pebisnis haruslah fokus pada tujuan. Anda juga harus percaya diri dalam memasarkan produk dan jasa. Kalau Anda sendiri tidak percaya pada bisnis yang dijalankan, bagaimana mungkin Anda berharap orang lain akan percaya?

4. Jangan takut berbuat kesalahan

Kesalahan kadangkala tidak dapat dihindari. Membuat kesalahan memang bagian dari perjalanan bisnis. Namun yang terpenting Anda belajar dari kesalahan tersebut.

 5. Banyak jalan menuju sukses

Mungkin Anda pernah mendengar pepatah yang mengatakan ‘Banyak jalan menuju Roma’, Ada banyak jalan menuju kesuksesan, dan jalan tersebut tidak selalu sama antara satu orang dengan yang lain. Itu sebabnya Anda harus kreatif mencari jalan sendiri dan tidak mengekor jalan para pesaing. Apa yang cocok untuk mereka belum tentu cocok untuk Anda.

6. Pahami bisnis Anda

Anda harus tahu betul seluk beluk bisnis agar dapat menjalaninya dengan baik. Pelajari setiap detail bisnis dan industri tempat Anda berkecipung. Pastikan Anda tahu setiap “lubang dan tikungan” dalam bisnis Anda.

7. Hormati pelanggan

Bisnis Anda hanya akan ada jika Anda mampu menarik dan mempertahankan pelanggan. Anda hanya dapat melakukan itu jika Anda memahami apa yang mereka inginkan dan memperlakukan mereka dengan hormat. Dengarkan apa yang pelanggan butuhkan.

8. Kenali pesaing Anda

Teliti dan ketahui pesaing Anda dalam segi produk dan penawaran harga. Dengan informasi tersebut Anda bisa meningkatkan daya saing dalam segi apapun terhadap para kompetitor.

9. Siap berkorban

Dalam menjalankan bisnis pasti ada yang namanya pengorbanan. Kewirausahaan memang memerlukan komitmen penuh untuk dijalankan.

10. Belajar berkomunikasi

Komunikasi sangat penting dalam menjalankan bisnis. Anda harus belajar bagaimana mengomunikasikan pikiran Anda dengan jelas dan terperinci agar bisnis yang dijalankan berjalan lancar.

11. Carilah penasihat atau mentor

Jangan segan-segan menjalin relasi dengan orang-orang yang memilki pengalaman dalam berbisnis serta cerdas dan berpengetahuan yang luas Mereka dapat memberikan bimbingan dan saran yang mungkin sangat berharga bagi perkembangan bisnis Anda. Mereka juga dapat membuka pintu bagi Anda untuk terus maju dan berkembang.

12. Berusaha menyeimbangkan kehidupan

Memulai dan mengoperasikan sebuah bisnis bisa sangat menegangkan. Anda perlu keseimbangan dalam hidup Anda. Coba meluangkan waktu untuk bersantai dan merenggangkan otot agar tidak tegang.

13.  Selalu berpikir positif

Membangun bisnis tidak selalu akan mendapat dukungan dari orang-orang di sekitar kita. Mereka mungkin saja akan mencemooh atau bahkan berusaha menghentikan langkah Anda. Jauhi perkataan negatif tersebut dan fokuslah kepada orang-orang yang mendorong dan menginspirasi Anda untuk terus maju.

14.  Merangkul teknologi

Teknologi telah begitu maju. Apapun bisa dilakukan dengan teknologi, karenanya jangan ragu merangkulnya agar bisnis dapat berjalan lebih efisien.

15. Have fun

Lakukanlah bisnis yang Anda sukai. Kewirausahaan tak ubahnya seperti roller coaster, kadang-kadang Anda ada di atas dan kadang-kadang di bawah. Nikmatilah setiap prosesnya, dan perjalanan Anda akan terasa lebih menyenangkan.

Tantangan yang kita hadapi saat membangun sebuah bisnis dapat dengan mudah membuat kita kehilangan arah. Itu sebabnya, kita harus menjaga agar semangat selalu menyala dan mimpi terus hidup. Selamat membangun bisnis!

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: