RSS

Tiga Kunci Meningkatkan penjualan di Media Sosial

29 Nov

Sebagaian besar perusahaan sudah menyadari betapa pentingnya media sosial. Sayangnya, mereka masih belum sepenuhnya memanfaatkan kekuatan media sosial atau mengambil keuntungan dari strategi baru ini untuk menciptakan bisnis sosial yang besar.

Toolbox sosial seperti Facebook, Twitter, LinkedIn, atau YouTube berkembang begitu cepat dan kuat. Itu hanyalah potongan-potongan kecil dalam gambaran yang lebih besar dari toolbox sosial yang menawarkan kita untuk belajar dan bereksperimen.

Biaya untuk menggunakan alat ini  pun tidak mahal, sehingga para pemimpin  bisnis besar maupun kecil memiliki kesempatan yang sama untuk memanfaatkannya demi ketenaran mereka, tapi banyak yang mengabaikan informasi ini karena dianggap belum relevan.

Kunci satu: Membentuk Opini dan Reputasi

Alat bantu sosial mendasar yang dapat digunakan untuk menciptakan kehadiran sosial perusahaan adalah mengirim dan menguasai pengiriman. Ada banyak saluran yang bisa dimanfaatkan untuk “berbicara” misalnya Facebook, Twitter, cetak dan video blog.  Kombinasi opini seharusnya digunakan untuk menjangkau khalayak yang beragam.

Sebuah suara otentik pada media sosial memperlihatkan aktivitas nyata dan kemanusiaan sebuah organisasi. Inilah nilai nyata bagi pelanggan untuk memberi Anda kepercayaan, dibandingkan dengan metode “pemasaran interupsi” yang digunakan dalam bentuk iklan yang lebih tua.

Memiliki suara yang bergerak menjangkau percakapan pelanggan dan calon pelanggan dapat mendongkrak reputasi online juga, karena memberikan bukti keahlian digital. Ini merupakan atribut kunci bagi nasabah yang ingin berhubungan dengan pakar industri.

Memberikan sebuah saluran opini yang berguna dapat mempererat hubungan antara perusahaan dan pelanggan. Tentu saja hal itu akan terjadi jika blog perusahaan, Twitter stream, podcasts, maupun outlet lainnya sangat menarik, dan informatif.

Sediakanlah konten yang menarik dan berharga sehingga pelanggan merasa perusahaan “berbicara” dengan mereka secara berkala dan membangun sebuah hubungan berbasis nilai.

Kunci kedua: Membuat Kampanye dan Konten

Setelah percakapan dimulai, sebaiknya Anda menambahkan aset online besar lain yang anda miliki. Untungnya, ada banyak cara murah untuk melakukannya. Mulailah dengan membuat saluran kustom di YouTube, Slideshare.net, Flickr, dan Scribd. Setelah Anda membuat akun, buatlah konten yang unik dan menarik yang akan menarik perhatian basis pelanggan Anda.

Bekerja cerdaslah dengan apa yang anda kerjakan. Kreativitas dan inovasi sangat penting bagi anda untuk menarik perhatian ketika Anda mulai mengeksposnya.

Misalnya, jika Anda sebuah perusahaan jasa keuangan:

Membuat video menyenangkan tapi informatif yang menunjukkan praktik terbaik terhadap rencana keuangan berbagai.

Bagikan presentasi PowerPoint yang menyoroti langkah-langkah untuk mengajar orang-orang muda pengetahuan tentang masalah keuangan.

Buat gambar dan Infografis yang menyediakan fakta-fakta bermanfaat atau menyenangkan tentang keberhasilan pengelolaan uang.

Buat whitepapers yang menguraikan saran tentang strategi investasi dalam iklim ekonomi yang berbeda.

Semua upaya tersebut sekaligus bisa berdampak dalam jangka panjang bagi upaya membangun sebuah merek superior.

Kunci ketiga: eWord of Mouth dan Rekomendasi

Selain itu, pertimbangkan eWord of Mouth marketing. Ini dapat mengidentifikasi blogger terbaik dan pengguna Twitter di area pemasaran Anda dan meminta mereka menyebarkan aset digital Anda. Blogger dan Tweeters selalu mencari konten yang menarik untuk di kirim ke pembaca mereka.

Setelah lalu lintas jaringan meningkat, maksimalkan reputasi online Anda dengan langkah berikutnya. Perusahaan bisa melakukan segala sesuatunya dengan benar. bahkan bisa juga kehilangan segala sesuatunya. Itu semua karena perusahaan gagal membangun reputasi online yang positif.

Media sosial adalah sebuah anjuran penghematan, di mana orang membuat sebuah keputusan berdasarkan apa yang teman atau kawan mereka di internet katakan tentang sebuah produk atau layanan. Mungkin kelihatannya tidak adil, tetapi Anda bisa belajar untuk mengelola reputasi online untuk menuai keuntungan jangka panjang.

Sistim peringkat dan komentar pada produk, jasa, dan kemampuan menjadi landasan dari reputasi online sebuah perusahaan. Mengelola reputasi harus mencakup rencana untuk menanggapi apapun komentar secara online, entah itu negatif atau positif. Dan ketika orang sudah berterima kasih misalnya, itu adalah sebuah langkah reputasi yang positif.

 

Toolbox sosial ini sangat luas dan berkembang begitu cepat. Bisnis smart tidak hanya mempelajari cara menggunakan perangkat. Karena competitor sudah menggunakan itu untuk memperoleh keuntungan dan membuatnya lebih maju lagi.

Alat-alat teknologi sosial bersifat multifaceted, dan mereka menawarkan kemampuan untuk mengubah perekonomian yang kacau dengan sebuah pengelolaan dan perkiraan yang mudah.

business2community

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: