RSS

Bisnis Anda Mau Berkembang? Coba Terapkan Kiat-kiat Ini

29 Nov

 

Banyak para pebisnis yang salah penerapan untuk membangun sebuah bisnis, sehingga tidak menuai kesuksesan. Biasanya para pebisnis itu memahami yang namanya kesuksesan itu dapat dicapai dengan mendorong suatu produk atau ide secara agresif sehingga memengaruhi aktivitas menjual.

Kesalapahaman ini mendorong timbulnya perilaku yang tidak tepat. Contohnya,  orang menjadi suka berbelit-belit, memaksakan kehendak dan agresif, atau terlalu banyak bicara serta mudah mengiyakan sesuatu.

Aktivitas menjual dan memengaruhi sangat tergantung pada bagaimana seseorang mengupayakan prilaku yang tepat, yakni dengan menyeimbangkan antara keterbukaan dan ketegasan dengan kehangatan dan kompetisi. Dan bila dikombinasikan dengan produk atau merek yang bagus, hal ini dapat mendukung upaya pembangunan loyalitas pelanggan.

Ada sebuah perusahaan yang berhasil menjadi sukses karena membangun kepercayaan dan loyalitas pelanggan. Sehingga perusahaan itu bisa berkembang dan bertahan.

Salah satu perusahaan itu adalah Harley-Davidson yakni mengatasi turbelensi di masa lalu dengan membangun loyalitas pelanggan, yang kemudian menjadi salah satu asetnya yang abadi. Harley-Davidson merupakan salah satu pabrikan motor di Amerika terkemuka. Namun, pada tahun 1980-an penjualannya mengalami penurunan tajam akibat persaingan ketat dengan motor buatan Jepang yang lebih terjangkau dan berkualitas.

Pengetahuan akan kebutuhan pelanggan dan cara menarik emosi pelanggan telah membantu Harley-Davidson dalam membangun kepercayaan dan ikatan dengan pelanggan. Para manajer mereka bertemu dengan pelanggan secara rutin di berbagai reli untuk mendemontrasikan model- model baru mereka.

Untuk meningkatkan loyalitas pelanggan, dibuatlah iklan yang memperkuat citra merek Harley-Davidson. Harley Owner’s Group (HOG) adalah klub ke anggotaan untuk membangun loyalitas pelanggan, dimana dua per tiga pelanggan selalu memperbaharui  keanggotaan mereka. Secara signifikan Harley-Davidson memastikan para pelanggannya mendapat manfaat atas nilai yang mereka hargai .

Hasilnya, pelanggan mempercayai  Harley-Davidson, dan kepercayaan ini dimanfaatkan untuk membangun ikatan yang lebih kuat dan keutungan yang semakin tinggi dalam sebuah lingkaran kebajikan. Maka saat ini,  Harley-Davidson memiliki tingkat loyalitas pelanggan sebesar 90%.

Bagaimana kia-kiat untuk membangun kepercayaan dan loyalitas pelanggan bagi bisnis Anda:

  1. Berikan pengalaman yang konsisten (dan idealnya “bermerek”) pada pelanggan setiap kali mereka berurusan dengan bisnis Anda.
  2. Perjelas penawaran, nilai apa yang Anda tawarkan pada pelanggan.
  3. Berikan insentif pada pelanggan baru agar mereka kembali dan melakukan pembelian lagi.
  4. Berikan penghargaan kepada loyalitas pelanggan tetap.
  5. Miliki daya saing, apa yang kelihatannya baik bagi Anda belum tentu demikian menurut pesaing Anda.
  6. Buatlah pengalaman pelanggan semudah dan semenyenangkan mungkin.
  7. Yakinkan pelanggan dengan penawaran layanan dan produk yang dapat diandalkan.
  8. Kembangkan proses secara terus-menerus berdasarkan masukan dari pelanggan.
  9. Tunjukan reliabilitas dengan bekerja sama dengan mitra dan berinvestasi pada sumber daya.

Semoga penerapan ide tersebut bisa membuat bisnis Anda terus maju dan berkembang.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: