RSS

Aktivasi Merek di US Grand Prix

26 Nov

Pada 18 November lalu untuk pertama kalinya Circuit of the Americas menjadi tuan rumah balap mobil Formula One. Sirkuit yang berada di Austin, Texas ini menandai keikutsertaan Amerika Serikat untuk pertama kalinya dalam penyelenggaraan Formula One dalam lima tahun terakhir.

Dalam kick off pada 16 November lalu, berbagai merek telah ambil posisi sebagai sponsor. Mulai dari AT&T, Mobil 1, Pepsi, Frito-Lay, Red Bull, hingga Best Buy, Pirelli, dan Texas Lottery. Bagaimana merek-merek ini memetik keuntungan dari aktivasi merek pada US Grand Prix?

Pirelli

Produsen ban ini adalah salah satu merek yang memperoleh keuntungan dari keikutsertaan mereka sebagai sponsor dalam U.S. Grand Prix. Posisi signage Pirelli sangat terlihat di lintasan. Dengan begitu merek ini mendapat terpaan media yang maksimal sesuai nilai yang mereka keluarkan.

Ada dua hal yang memastikan Pirelli mendapatkan sorotan media yang maksimal:

  1. Balapan kali ini adalah US Grand Prix dengan sirkuit baru yang menandakan kembalinya Formula 1 ke Amerika Serikat.
  2. Balapan kali ini ditayangkan di waktu yang memungkinkan banyak orang menontonnya. Sangat berbeda dengan penayangan Grand Prix lainnya yang waktunya disesuaikan dengan penayangan di negara penyelenggaranya.

Namun, Pirelli tak mau hanya mengandalkan kedua hal tersebut. Itu sebabnya  Pirelli juga menyelenggarakan event untuk memeriahkan penyelenggaraan US Grand Prix.

Event yang melibatkan media dan pelanggan ini digelar menjelang penyelenggaraan Grand Prix. Dengan begitu mereka dapat menyentuh lebih banyak fans, rekanan, dan media.

Bukan itu saja, Pirelli juga memaksimalkan sponsorship mereka bahkan sesudah balapan berlangsung. “Kami akan menampilkan National F1 Showcase Tour. Event ini akan diselenggarakan di showroom para dealer, pusat perbelanjaan, pameran otomotif, serta perhelatan konsumen besar lainnya,” kata Paolo Ferrari, Chairman sekaligus CEO Pirelli untuk wilayah NAFTA.

Menurut Paolo, event tersebut akan menampilkan mobil F1 asli, simulator F1, dan produk dan kisah yang berhubungan dengan F1. “Seluruh aktivitas ini memungkinkan kami memperluas jangkauan sponsorship kami di tengah persaingan sponsorship yang begitu ketat di Amerika Serikat,” ujar Ferrari.

AT&T

Tak berbeda jauh dengan Pirelli, AT&T juga menawarkan kesenangan dan menyalurkan antusiasme fans terhadap balapan ini melalui sejumlah aktivitas dan event interaktif.

Hubungan yang baik dengan tim balap Red Bull membuat AT&T semakin diuntungkan. “Berkat hubungan baik dengan tim balap Red Bull selama ini, gerai AT&T di Austin, San Antonio, dan Dallas dapat memajang racing showcar Red Bull, sehingga para fans dapat melihatnya dari dekat,” kata Michael Bowling, Chier Marketing Offier AT&T Business Solutions.

“Bukan itu saja, kami juga berpartisipasi dalam Austin Fan Fest. Di sana para pelanggan, pegawai, serta fans F1 dapat merasakan Red Bull Racing pit wall, Red Bull Racing showcar, dan mendapat kesempatan untuk mempelajari lebih jauh gerakan No Texting While Driving dari AT&T,” lanjut Bowling.

AT&T juga menggelar game bertajuk What’s Your Number. Untuk memainkan permainan ini, pelanggan AT&T dapat masuk ke situs http://www.attnumbersracing.com. Pemenangnya akan diterbangkan ke Inggris. Di sana mereka akan diajak berkeliling kantor pusat Red Bull.

Dari kisah Pirelli dan AT&T kita bisa belajar bahwa kita harus kreatif dalam memanfaatkan sponsorship pada satu event tertentu agar dapat memperoleh hasil maksimal.

Kita tidak bisa hanya mengandalkan banner yang terpampang di lokasi event, meski itu event tersebut sebesar balapan Formula One yang menyedot perhatian dari para fans dan konsumen. (http://www.forbes.com)

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: