RSS

9 Cara Bangkitkan Kreativitas

22 Nov

Ketika kreativitas mentok, biasanya masalah mulai muncul. Keinginan menciptakan ide kreatif pun akan makin mendesak. Apa yang bisa dilakukan?

1. Tanya Mengapa?
Coba tanyakan pada diri sendiri mengapa kreatvitas Anda bisa buntu. Lalu, cari enam alasannya. Untuk setiap alasan, tanyakan kembali mengapa ini bisa terjadi? Teruslah bertanya pada diri sendiri. Hal ini akan membantu Anda untuk lebih mengerti berbagai alasan mengapa Anda bisa mati ide. Dengan demikian, Anda akan dapat menemukan berbagai jalan keluar.

2. Talk To A Stranger
Bahkan jika Anda introvert sekalipun. Dengan bicara pada orang yang tidak dikenal, Anda akan berlatih berpikir cepat mencari bahan pembicaraan. Ini bisa membantu Anda membangkitkan ide. Siap mencoba?

3. Buka Kamus
Pilih kata apa pun secara acak. Tuliskan enam kata yang berhubungan dengan kata tersebut. Misalnya, pohon. Kata yang berhubungan adalah akar, ranting, jenis, apel, batang pohon dan tinggi. Setelah itu, coba ciptakan hubungan antara kata-kata tersebut dengan masalah yang Anda hadapi untuk menciptakan suatu ide segar.

4. Think Like Celebrity
Tanyakan pada diri Anda, bagaimana para selebriti menghadapi masalah saat kreativitas mereka mentok? Apa yang akan dilakukan Madonna atau Sherlock Holmes ketika kehabisan ide? Temukan pendekatan individual tokoh idola Anda dalam memecahkan masalah dan membangkitkan kreativitas. Hal ini mungkin dapat memberikan Anda jalan keluar atau inspirasi yang cukup radikal.

5. Berlibur Bersama Laptop
Kalau kreativitas sudah benar-benar buntu, ambil cuti satu hari dan bawa laptop Anda jalan-jalan. Anda bisa pergi ke pedesaan, taman kota, coffee shop, atau pekarangan villa teman. Di sana Anda tak perlu melakukan latihan mencari ide dan kreativitas. Cukup lihat sekeliling. Biarkan pikiran Anda bertualang. Dan, biarkan kreativitas itu muncul secara alami.

6. Lihat Benda Seni
Merenungkan masalah yang Anda hadapi sambil berjalan-jalan di galeri seni atau museum, juga bisa Anda lakukan. Stimuli eksternal di wilayah yang penuh kreativitas ini akan dapat merangsang otak Anda menciptakan ide baru.

7. Menyepi Di Mal
Ada cara lain yang lebih menarik dan bisa mendatangkan banyak ide kreatif. Duduk atau berdirilah di suatu tempat yang nyaman di keramaian mal. Lalu, amatilah orang-orang yang lalu lalang di depan Anda. Memang cara ini tidak seperti Anda sedang meningkatkan kreativitas atau produktivitas. Namun, otak tetap bekerja. Pasti ada sesuatu yang Anda dapat dari pengamatan tersebut. Kalau beribu-ribu ide cemerlang bisa lahir di kamar mandi atau taman, mengapa di mal tidak?

8. Buat Cerita
Gambarkan situasi permasalahan dalam bentuk kartun yang menggambarkan orang-orang yang terlibat serta masalah-masalahnya. Gantungkan di dinding dan bayangkan bagaimana ceritanya akan berkembang. Bayangkan semuanya seperti potongan cerita kartun. Kebanyakan otak manusia bekerja dengan lebih baik dengan gambar dibandingkan dengan kata-kata atau angka. Jadi cara ini dapat membawa kita kepada suatu ide yang fantastis.

9. Berandai-andai
Memikirkan masalah lain dalam hidup yang mirip dengan masalah yang Anda hadapi sekarang, juga bisa menjadi inspirasi buat Anda. Misalnya, Anda tak punya ide untuk membuat rekan kerja atau staf bekerja menggunakan metode baru. Anda mungkin bisa membayangkan dan mengumpamakan hal ini seperti sulitnya mengajak keponakan Anda untuk memakan sayuran. Pikirkan cara-cara yang dapat dilakukan untuk membujuk keponakan memakan sayuran. Dari cara-cara tersebut, lihat apa ada yang dapat sebagai jalan keluar untuk permasalahan Anda.

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: