RSS

Kiat Mengembangkan Kemampuan Diri dengan Inovasi

21 Nov

Pernahkah Anda mengembangkan kemampuan diri dengan berinovasi? Memang ada yang mengatakan untuk berinovasi perlu adanya rangsangan agar inovasi itu bisa keluar dari pikiran itu sendiri.

Dengan melihat kondisi saat ini, kemampuan berinovasi yang handal memang sangat diperlukan. Apalagi bisa menciptakan produk-produk baru yang rutin digunakan oleh khalayak ramai.

Untuk membuat produk yang inovatif memang diperlukan kerja keras dan kesabaran. Karena jika berhasil menciptakan produk baru akan memberikan keuntungan financial yang tidak sedikit.

Ada dua contoh yang bisa dijadikan inspirasi bagi Anda untuk selalu berinovasi selalu.

Contoh yang pertama mungkin dianggap kuno karena terjadi pada tahun 1938, tapi bisa dijadikan inspirasi bagi Anda untuk mengembangkan produk pada masa kini, seperti seorang yang bernama Lazlo Biro yang bekerja sebagai seorang jurnalis, dia memerhatikan bahwa tinta yang digunakan untuk mencetak koran begitu cepat mengering. Ia bekerja sama dengan kakaknya, Georg Biro seorang ahli kimia untuk mencari bagaimana tinta supaya tidak mengering.

Kerjasama yang apik dari kedua kakak beradik ini, akhirnya menemukan  sesuatu yang sangat inovatif. Mereka menemukan pena yang belum pernah ada sebelumnya. Pena ini bisa berputar sendiri dan dapat mengalirkan tinta saat bergerak.

Dengan inovasi mereka kini orang di seluruh dunia memilikinya dan hebatnya lagi bisa terjual 14 juta pena setiap hari.

Contoh lainnya adalah BlackBerry, tahukah Anda bahwa BlackBerry diluncurkan ke pasar komunikasi mobile dengan fokus untuk menjadi perangkat e-mail portable.

Namun, Anda bisa lihat BlackBerry dengan inovasinya  sampai sekarang masih digandrungi oleh anak muda di Indonesia. Dengan melihat pasar yang beredar pada waktu itu, BlackBerry  telah menggabungkan telepon selurer, web browsing dan yang lainnya. Senjata pamungkas dari BlackBerry adalah BBM (BlackBerry Messenger).

Dua contoh ini bisa dijadikan pelajaran penting bagi kita untuk selalu berinovasi. Berkreatifitaslah seoptimal mungkin dan temukan cara untuk membuat perangkat sehari-hari yang sederhana yang terdapat dimana-mana.

Berikut penerepannya agar Anda mengembangkan kemampuan diri dengan inovasi: 

1. Cobalah merancang sebuah produk yang berfokus pada kemudahan penggunaan

2. Berfokuslah pada potensi penghematan waktu dari sebuah ide

3. Pertimbangkanlah untuk melakukan pendekatan deep-drive prototyping untuk:

  • Mengembangkan produk
  • Meningkatkan produk
  • Menguji produk

4. Jangan pernah berpikir bahwa sesuatu tidak mungkin dilakukan, tapi pikirkanlah bagaimana Anda dapat mencapai sesuatu, bukan apakah Anda dapat  mencapai sesuatu.

5. Perhatikanlah kehidupan Anda sehari-hari, produk apa yang paling ingin Anda lihat sehingga bisa memasuki pasar.

6. Amati produk-produk yang sudah ada dan tentukan bagaimana agar produk-produk tersebut dapat lebih mudah serta nyaman digunakan.

7. Pastikan Anda segera mungkin mendaftarkan hak paten atas penemuan Anda.

Semoga inovasi yang ada pada diri Anda dapat berkembang, sehingga bisa bermanfaat bagi semua orang.

Di kutib dari 100 Ide Bisnis Terhebat

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: