RSS

5 Alasan Mengapa Pelanggan “Ogah” Membeli Produk Anda

21 Nov

Sebagai konsumen kita tidak sekedar terbujuk oleh harga saja, kita juga digerakkan oleh benefit produk tersebut dan apa yang bisa dilakukannya untuk kita dan itu alasan kita melakukan pembelian.

Mungkin Anda ingin mempertimbangkan beberapa alasan berikut serta mengevaluasi bagaimana Anda dapat melakukannya lebih baik dalam memasarkan produk Anda dengan cara merubah konsumen menjadi pelanggan Anda.

1.Mereka tidak kenal produk Anda

Konsumen tidak akan membeli produk yang mereka tidak kenal. Jika Anda sudah  melakukan berbagai kegiatan marketing namun konsumen masih tidak kenal produk Anda, mungkin sudah saatnya untuk mengevaluasi kenapa hal itu tidak bekerja.

Apakah Anda sudah menargetkan pasar yang tepat dengan pesan yang tepat? Apakah pesan yang Anda sampaikan menjangkau mereka yang memiliki kepentingan dalam produk Anda? Sangat penting untuk diingat bahwa solusinya tidak selalu dengan pemasaran yang lebih, mungkin saja ada sesuatu dengan tempat atau kendaraan yang Anda gunakan untuk memasarkannya.

2. Mereka tidak memahami manfaat dari produk Anda

Harga memang penting, tapi bukan itu satu-satunya  yang menjadi pertimbangan konsumen. Mereka membeli berdasarkan benefit yang dibawa produk Anda. Jika Anda bertanya mengenai keunggulan produk Anda kepada pelanggan, apakah mereka tahu? Hal ini penting.

Pemasaran Anda harus berpusat pada benefit produk itu sendiri agar konsumen mengetahui lalu tertarik dan berminat menggunakanya. Buat daftar benefit produk lalu gunakan dalam pesan pemasaran Anda.

3. Mereka tidak merasakan nilai lebih dari produk Anda

Konsumen tidak mau membeli produk yang mereka anggap tidak memiliki nilai lebih. Anda bisa menggunakan keunggulan dari produk Anda untuk menciptakan perceived value karena itu yang akan membantu didalam proses penjualan produk Anda.

4.Mereka tidak melihat bagaimana produk Anda memenuhi kebutuhan mereka

Kita sudah membahas tentang manfaat dan nilai yang dirasakan di atas, sekarang mari kita berbicara tentang kebutuhan. Apakah konsumen tahu bagaimana produk Anda  dapat memenuhi kebutuhan mereka? Apakah membuat hidup mereka lebih mudah, menghemat waktu mereka, dan membuat mereka merasa lebih baik? jangan membuat mereka bertanya-tanya dan menebak sendiri. Anda harus memberitahu dan mengedukasi  mereka tentang mengapa mereka membutuhkan produk Anda.

5. Produk Anda sulit diakses oleh mereka

Konsumen tidak akan membeli apa yang tidak tersedia bagi mereka. Jika mereka mendengar tentang produk Anda tetapi meraka sulit mendapatkannya, lupakan saja. Ingat, konsumen menginginkan kemudahan dalam memperoleh dan menggunakan sebuah produk.

Bagaimana cara agar produk lebih mudah diakses oleh mereka? Apakah dengan menyebarluaskan produk Anda? Mungkin Anda bisa menawarkan produk secara online. Pertimbangkan kemudahan akses dari produk Anda serta lihat apakah Anda perlu melakukan perubahan?

Artikel ini ditulis oleh Laura Lake dari about.com

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: