RSS

Strategi Marketing Kreatif dengan Pemasaran Presisi

19 Nov

Dalam berbisnis pasti membutuhkan strategi marketing yang efektif dan cocok dengan bisnis yang sedang dijalankan. Maka tidak sedikit para pebisnis yang salah mengambil strategi dalam memasarkan bisnisnya. Untuk itu diperlukan beberapa pengetahuan dan penelitian agar bisnis yang dijalankan bisa terus maju dan berkembang.

Untuk tahap awal dalam menjalankan strategi marketing kreatif dengan pemasaran presisi tersebut dibutuhkan ketelitian dan ketepatan dalam mengamati konsumen seperti:

  • Putuskan siapa pelanggan ideal Anda
  • Putuskan kemana mereka pergi
  • Apa yang mereka lakukan
  • Apa yang mereka inginkan

Gunakan informasi tersebut untuk membidik pelanggan secara tepat pada poin-poin kunci dalam kehidupan mereka sehari-hari.

Selain itu, dalam pemasaran presisi ini melibatkan empat pertanyaan, siapa, apa, kapan, dan bagaimana sehingga akan terbentuk strategi pemasaran yang jitu.

Dalam menerapakan strategi tersebut bisa di contohkan seperti ABN, sebuah bank yang ingin membidik pelanggan di negeri kincir angin yang termasuk negara yang kaya, yakni  membuat sebuah lounge di Schiphol Airport, Amsterdam, yang digunakan secara eksklusif oleh klien Preferred Banking.

Dalam Lounge elit tersebut di buka setiap hari dari pukul 6 pagi hingga 10 malam, menyediakan ruangan untuk rapat, akses internet, makanan dan minuman, penukaran mata uang asing, serta tempat untuk bersantai di tengah-tengah ketergesaan dalam perjalanan. Dengan proyek ini, ABN menunjukan pemahaman yang jelas mengenai pemasaran presisi seperti:

  • Siapa pelanggannya:  orang-orang kaya yang akan berpergian dari Belanda.
  • Apa yang mereka inginkan: sebuah tempat bersantai yang mewah ketika berpergian.
  • Kapan mereka menginginkannya:  antara pukul 6 pagi sampai 10 malam, ketika penerbangan tiba dan pergi.
  • Bagaimana mewujudkannya: dengan membuat lounge eksekutif yang memberikan fasilitas yang disukai oleh orang kaya yang sedang berpergian.

Bagaimana penerapan strategi ini agar bisnis yang dijalankan tidak salah langkah, yang di kutib dari 100 ide bisnis terhebat:

  1. Pastikan Anda membidik pasar yang tepat dengan mengakses riset pasar yang dapat diandalkan misalnya, melalui web pemasaran. Ketetapan adalah elemen penting dari pemasaran presisi.
  2. Adakan sesi brainstorming dimana setiap pertanyaan dari empat pertanyaan pemasaran presisi dipikirkan secara mendalam.
  3. Pertimbangkanlah strategi pemasaran presisi yang ingin Anda jalankan secara realistis untuk melampaui upaya pesaing saat ini.
  4. Temukan cara untuk memperluas pemasaran dan penawaran Anda. Usahakan agar tetap segar, menarik, tepat sasaran, dan unik.

Semoga strategi tersebut bisa menambah wawasan Anda agar terus maju dan berkembang  dalam berbisnis.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: