RSS

Hebatnya Strategi Bisnis Pendukung dan Penantang

19 Nov

Mungkin Anda pernah melakukan beberapa strategi bisnis agar usaha yang Anda  bisa maju dan berkembang. Tidak ada salahnya jika Anda mencoba salah satu ide bisnis yang paling sederhana, singkat, dan efektif yakni mendorong orang agar membentuk kelompok pendukung dan penantang.

Ide yang telah banyak dipraktikan oleh banyak organisasi di seluruh dunia ini, merupakan sebuah cara yang sangat diperlukan untuk membangun kerja tim, produktivitas, dan efektivitas di tempat kerja.

Ada beberapa ide misalnya sebuah kelompok pendukung dan penantang terdiri dari empat atau lima pekerja yang memiliki level atau status yang sama, yang mengadakan pertemuan informal secara rutin (mungkin sebulan atau seminggu sekali).

Setiap orang secara bergantian menjelaskan tantangan atau masalah yang mereka hadapi selama kurang lebih sepuluh menit. Sementara yang lain mendengarkan lalu mengajukan pertanyaan, yang akan membantu rekan kerja mereka memahami persoalan utamanya dan solusi- solusinya. Hal ini sebaiknya dilakukan tanpa menentukan sebuah solusi; kuncinya adalah mendukung individu tersebut dan menantang pemikiran serta asumsinya.

Jaringan apotek ritel Inggris, Boots, merupakan salah satu organisasi yang sukses menggunakan teknik ini. Kelompok pendukung dan penantang efektif untuk beberapa alasan.

  1. Membicarakan sebuah persoalan atau tantangan dapat membantu memberikan perspektif dan memperjelas masalah, bahkan tanpa adanya komentar dari para kolega.
  2. Pandangan orang lain dapat memberikan pendekatan yang berbeda terhadap sebuah tantangan atau sekedara hanya memberikan dukungan dan kekuatan. Dengan demikian, keterlibatan orang lain sangatlah membantu.
  3. Orang akan mendapatkan pemahaman yang lebih baik mengenai persoalan dan tantangan yang mereka hadapi. Dengan menyadari adanya persoalan yang sama akan mendorong orang untuk lebih berkolaborasi.
  4. Mendengarkan tantangan orang lain dapat membuat individu mempertajam pemikiran dan pendekatan mereka sendiri.

Bagaimana penerapan ide ini bisa dilakukan

  1. Kumpulkan sekelompok kolega, jelaskan konsepnya (untuk memberikan dukungan serta menantang pemikiran satu sama lain), dan aturlah pertemuan rutin.
  2. Salah seorang memperhatikan waktu-waktu yang digunakan untuk menjelaskan tantangan yang dihadapi sebaiknya tidak lebih dari sepuluh menit.
  3. Pastikan semua yang hadir benar-benar menyimak penjelasan tanpa menginterupsi.
  4. Ajukan pertanyaan dan berikan komentar secara bergantian. Pendekatan dengan menggunakan pertanyaan biasanya efektif.
  5. Lanjutkan ke individu selanjutnya dan ulangi prosesnya.

 

Semoga teknik ini bisa membantu bisnis Anda, agar bisa terus bersaing dengan bisnis yang lain.

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: