RSS

9 Daya Tarik Pulau Sabang

19 Nov

Pulau Sabang atau dikenal juga dengan nama pulau Weh, merupakan pulau terujung yang berada di sebelah barat Indonesia. Pulau yang termasuk dalam propinsi NAD (Nangroe Aceh Darusalam) ini ternyata tidak saja memiliki keindahan pantai dan wisata bawah laut.

Berikut 9 hal yang menjadi daya tarik pulau Sabang:

1. Kota Tua Sabang

Ada banyak bangunan peninggalan masa kolonial Belanda ataupun masa pendudukan Jepang yang bisa dijumpai di penjuru Pulau Sabang, diantaranya: Kantor Walikota yang dulunya adalah RSU, ada juga gedung bioskop yang sekarang dipakai sebagai gedung Kesenian Sabang.

Selain itu di daerah Merbabu terdapat kawasan pekuburan kuno yang merupakan saksi bisu sejarah, salah satunya adalah pekuburan Belanda yang dikelilingi oleh pohon-pohon besar berusia ratusan tahun.

2. Tugu Nol Km

Berada pada ketingian 43.6 meter (MSL), tugu yang dibangun sebagai titik penentuan awal posisi geografis Indonesia ini diremikan pada 24 September 1997 oleh MENRISTEK BJ Habibie

Di sudut terujung bagian barat dari rangkaian kepulauan nusantara inilah anda dapat mengabadikan detik-detik tenggelamnya sang surya di garis cakrawala.

3. Pantai Iboih

Berjarak kurang lebih 50 km dari pelabuhan Balohan, pantai iboih paling banyak dikunjungi. Selain karena keindahan pantainya, lokasinya-pun yang paling dekat dengan tugu Nol Km.

Ditempat ini anda bisa mendapatkan banyak pilihan penginapan dengan harga yang bisa disesuaikan dengan anggaran seperti; homestay, bungalow, cottage, atau barak.

4. Pulau Rubiah dan Seulako 

Posisinya persis berhadapan dengan pantai Iboih, untuk  mencapai dua pulau tersebut, anda cukup menyewa kapal berikut perlengkapannya dari toko/agen wisata yang banyak dijumpai di kawasan tersebut.

Pulau Rubiah biasanya dirujuk untuk kegiatan snorkle (penyelaman laut dangkal). Sedangkan bagi anda penggemar diving, perairan disekitar pulau Seulako akan memberikan pemandangan bawah laut yang sangat menawan.

5. Pantai Gapang, Pantai Sumur Tiga, Pantai Kasih

Merupakan kawasan wisata pantai yang memiliki panorama yang sangat memukau.

Pasir putihnya membentuk garis yang membatasi laut berwarna biru kehijauan, dilengkapi jajaran pohon kelapa yang menari bersama angin menjadikannya lukisan alam yang indah tiada tara.

6. Air Terjun Pria Laot

Berada ± 12 km dari kota Sabang, air terjun bertingkat ini tersembunyi di dalam hutan. Untuk bisa mencapainya dibutuhkan trekking sungai sekitar 10 menit.

Di kawasan ini bisa dijumpai biawak laut yang merupakan salah satu satwa liar yang mendiami pulau Sabang.

7. Bangker Jepang

Julukan ‘Kota Seribu Benteng’ kiranya sangat beralasan karena banyak sekali ditemui jejak peninggalan perang dunia II atau selama masa pendudukan Jepang di Kota Sabang. Salah satunya yang berada dijalur antara Pantai Sumur Tiga dan Pantai Anoi Hitam.

Bangker yang dibangun diatas bukit ini menghadap langsung ke arah laut lepas yang membiru. Sementara dibawahnya, koral-koral berwarna legam menjadi benteng alam yang menahan deburan ombak.

8. Pantai Anoi Hitam

Keunikan pantai Anoi Hitam yakni pada kepekatan warna dan ukuran pasirnya yang berbeda dari pasir pada umumnya, serta pasir di pantai ini mengandung nikel 3kali lebih besar.

9. Kuliner

Selanjutnya anda bisa mengunjungi Pujasera yang baru buka dan ramai di malam hari untuk mencoba sate Gurita yang merupakan salah satu sajian khas Sabang yang tentunya berbeda dari tempat lain

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: