RSS

Pemberian MPASI

14 Nov

Tanya:
Kapan sebaiknya memberi MPASI atau makanan pengganti ASI, dan makanan apa yang dapat diberikan pertama kali bagi bayi?

Jawab:
Makanan pendamping ASI dapat diberikan setelah bayi mengonsumsi ASI secara eksklusif selama 6 bulan. Di usia ini sistem pencernaan bayi dan sistem kekebalan tubuhnya sudah relatif sempurna untuk menerima makanan padat. Sehingga orangtua tidak perlu merasa cemas anak akan mengalami alergi. Ini saatnya anak
belajar untuk mendorong makanan padat di rongga mulut dengan lidahnya, hingga masuk ke bagian belakang mulutnya untuk ditelan.

Pemberian ASI hingga 6 bulan, karena:

  • Sistem imunitas bayi dibawah 6 bulan belum sempurna, sedangkan pemberian ASI hingga 6 bulan menyempurnakan imunitas bayi. Banyak penelitian pemberian MPASI bayi di bawah usia 6 bulan menyebabkan infeksi lebih sering dibanding bayi yang mendapat ASI eksklusif selama 6 bulan.
  • Sistem pencernaan bayi usia 6 bulan sudah relatif sempurna untuk menerima makanan padat pendamping ASI.
  • Pemberian ASI eksklusif selama 6 bulan juga mengurangi risiko bayi terkena alergi.
Makanan padat pertama yang dianjurkan:
  • Bubur beras atau buah segar menjadi pilihan pertama makanan pendamping asi.  Beras adalah karbohidrat yang jaeang menimbulkan reaksi alergi. Bila kenaikan berat badan bayi saat mulai makanan pendamping menjadi masalah, bubur beras mungkin bisa menjadi pertimbangan makanan pertama yang dikenalkan. Buah segar mengandung karbohidrat sederhana yang mudah dicerna, yaitu fruktosa (gula buah). Buah juga secara alami dilengkapi enzim pencerna. Anda dapat membuat pure buah dengan campuran ASI, atau pure begitu saja. Buah yang dianjurkan: alpukat, pisang, papaya, apel manis atau pear. Buah-buah lain selain pisang dan alpukat dapat dikukus terlebih dahulu untuk menjadikan teksturnya lebih halus bagi bayi. Kukus buah hanya diperlukan saat awal pengenalan makan buah saja. Selanjutnya, berikan dalam keadaan segar.
  • Setelah beradaptasi dengan buah, dengan menyelingi dengan ASI. Anda dapat mulai mempersiapkan si kecil untuk menerima sereal (tepung beras) dan sayuran saat anak berusia sekitar 7 bulan. Sayuran yang dianjurkan adalah sayuran yang tergolong manis, seperti labu kuning, namun juga dapat sayur lain seperti bayam yang dihaluskan. Sedangkan tepung beras yang dianjurkan adalah beras putih, beras merah atau beras cokelat. Pemberian beras dalam bentuk tepung dilakukan saat pengenalan serelia saja, selanjutnya lebih baik dalam bentuk beras yang dibuat bubur (agar kulit beras juga ikut termakan oleh bayi)
  • Pemberian protein hewani dapat segera dilakukan setelah makanan berjenis nabati (sekitar 7 atau 8 bulan). jangan ragu untuk menambah porsi makanan hewani apalagi bila berat badan bayi keliatan belum naik atau teta.

Cara memberikan makanan pendamping ASI:
Dudukkan anak dalam pangkuan Anda, dan suapkan saja seujung sendok kecil pure buah, misalnya alpukat. Biarkan si kecil merasakan terlebih dahulu dengan ujung bibirnya. Jangan paksa jika ia belum mau menelan, atau bersabarlah jika si kecil hanya memainkan pure buah kemudian mengeluarkannya kembali. Coba kembali
besok di saat yang sama dengan jenis pure yang sama.

sumber: klinikdrtiwi

 
Leave a comment

Posted by on November 14, 2012 in Info Pasutri, Kehamilan, Pendidikan Anak

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: