RSS

Inisiasi Menyusu Dini

14 Nov

Tanya:
Bagaimana caranya supaya mempermudah pemberian ASI pada bayi? Saya mendengar mengenai Inisiasi Menyusu Dini, apakah cara ini dapat membantu? Apa yang disebut dengan Inisiasi Menyusu Dini?

Jawab:
Betul, Anda dapat mempermudah pemberian ASI dengan memberikan Inisiasi Menyusu Dini pada bayi sesaat setelah dilahirkan. Inisiasi Menyusui Dini adalah dengan membiarkan bayi yang baru lahir dan dipotong tali pusatnya, yang telah dilap kering untuk diletakkan di dada ibu (skin to skin contact). Perilaku bayi di dada ibu berupa gerakan bayi seperti merayap pada beberapa bayi diakhiri dengan pencapaian ke puting ibu.Yang terpenting dalam inisiasi menyusu dini adalah kesempatan bayi
untuk segera kontak kulit bayi ke kulit ibu. Proses ini memakan waktu antara 30 menit sampai 2 jam. Jangan takut bayi akan kedinginan ketika berada di atas dada ibu. Karena dada ibu yang baru melahirkan meningkat hingga 2 derajat. Namun panas dada ibu akan menurun hingga 1 derajat jika bayi kepanasan. Secara teknis, IMD pada keadaan bedah Caesar memerlukan keadaan lebih khusus.

Yang dapat melakukan Inisiasi Menyusu Dini:

Semua bayi dari kelahiran normal, hingga caesar, vakum, kelahiran tidak sakit maupun epiostomi. Hanya saja peluang untuk menemukan sendiriputing ibu akan berkurang sampai 50% pada bayi lahir dengan tindakan. Ini juga berlaku bagi bayi yang sempat dipisahkan untuk sementara waktu.

Langkah-langkah Inisiasi Menyusu Dini:

  • Setelah bayi dibersihkan dengan dilap, ia akan letakkan di dada ibu. Biasanya bayi akan terdiam sekitar 20 – 30 menit. Saat ini ia sedang beradaptasi dengan lingkungan barunya.
  • Setelah itu bayi akan mencium tangan yang belum dibersihkan dan menyisakan bau makanan saat berada di dalam rahim. Berdasarkan penciuman ini, bayi akan bergerak mencari puting ibunya yang berbau sama, sambil merangkak dengan menjejakkan kaki di atas perut ibu.
  • Bayi akan menemukan puting ibunya dengan sendirinya dan menjilatjilat, kemudian mulai menyusu.


Manfaat yang diperoleh dari Inisiasi Menyusu Dini:

  • Bayi yang mengalami Inisiasi Menyusu Dini akan lebih mudah menyusu kemudian sehingga menghindari kemungkinan gagal menyusu. Bayi juga akan langsung mendapatkan kolostrum yang bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya. Jejakan kaki bayi di atas perut sang ibu akan membantu menghentikan perdarahan dari rahim ibu.
  • Saat bayi menjilati kulit ibu, maka bakteri baik di kulit ibu akan tertelan dan menjaga kekebalan tubuh bayi.

Yang perlu diperhatikan:
Tiap ibu memiliki hak untuk berada dekat bayinya sesaat setelah melahirkan untuk melakukan Inisiasi Menyusu Dini hingga proses tersebut tuntas. Inisiasi Menyusui Dini juga merupakan hak bayi yang baru dilahirkan. Inisiasi Menyusui Dini sendiri dilindungi undang-undang No. 36/ 2009 tetang kesehatan. Disebutkan bahwa setiap bayi berhak mendapatkan ASI eksklusif selama enam bulan, kecuali ada indikasi medis. Tak hanya keluarga yang perlu mendukung, namun juga pemerintah.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: