RSS

Sepuluh Rahasia Pengusaha Sukses

09 Nov

Menjalankan sebuah bisnis membutuhkan cara yang kreatif, fleksibel sekaligus menantang untuk menjadi bos dan menentukan masa depan bagi diri sendiri. Untuk itu dibutuhkan keberanian, tekad, dan keinginan untuk menjadi seorang pengusaha.

Namun, adakah cara untuk menentukan apakah Anda dapat menjadi seorang pengusaha sukses, atau Anda lebih baik bekerja untuk orang lain? Sayangnya, tidak ada formula untuk sukses.  Tapi, untuk membantu Anda menjadi pengusaha sukses, berikut kami siapkan sepuluh karakteristik pengusaha sukses yang kami kutip dari powerhomebiz. Lihatlah apakah Anda memiliki salah satu di antaranya:

Pikirkan kesuksesan

Untuk mencapai kesuksesan yang Anda inginkan, Anda harus memiliki mimpi yang besar. Setiap kisah sukses selalu dimulai dengan impian besar. Untuk itu Anda harus memiliki impian besar apakah Anda ingin menjadi orang kaya atau ingin terkenal. Anda harus memiliki visi yang jelas tentang apa yang ingin Anda capai lalu memvisualkan kesuksesan tersebut dalam pikiran Anda.

Terus bergairah dengan apa yang Anda lakukan

Anda memulai bisnis untuk mengubah sebagian atau seluruh hidup Anda. untuk mencapai perubahan ini Anda perlu mengembangkan dan memiliki gairah tinggi untuk mengubah dan menjalankannya.

Kesuksesan akan datang dengan mudah jika Anda mencintai apa yang Anda lakukan. Kenapa? Karena kita tidak kenal lelah dalam mengejar hal-hal yang kita cintai. Anda akan mencapai performa puncak dan melakukan apa yang harus Anda lakukan dengan baik jika Anda melakukan sesuatu yang menarik minat atau sesuatu yang Anda pedulikan.

Pengusaha yang sukses tidak merasa keberatan untuk bekerja 15-18 jam sehari untuk bisnis mereka karena mereka benar-benar mencintai apa yang mereka lakukan. Sukses dalam bisnis adalah semua tentang kesabaran dan kerja keras, yang hanya dicapai jika Anda bersemangat dan gila dengan tugas dan kegiatan.

Fokus pada kekuatan Anda

Setiap dari kita memiliki kekuatan dan kelemahan. Agar efektif, Anda perlu mengidentifikasi kekuatan dan fokus pada kekuatan tersebut. Anda akan menjadi lebih sukses jika mampu menyalurkan usaha Anda ke daerah-daerah yang terbaik Anda lakukan. Dalam menjalankan bisnis misalnya, jika Anda tahu Anda memiliki insting marketing yang baik, manfaatkan kekuatan ini dengan baik agar maksimal.

Tidak pernah memikirkan kemungkinan terjadinya kegagalan

Ayn Rand dalam novelnya “The Fountainhead” menulis, “It is not in the nature of man – not of any living entity, to start out by giving up.” Sebagai pengusaha, Anda harus sepenuhnya percaya pada tujuan dan yakin bahwa Anda bisa melakukannya.

Anda harus berpikir bahwa apa yang Anda lakukan akan memberikan manfaat untuk lingkungan dan diri pribadi Anda. Anda harus memiliki keyakinan yang kuat pada ide, kemampuan, dan diri anda sendiri. Semakin yakin Anda dengan kemampuan yang dimiliki, semakin cepat Anda dapat mencapainya.

Namun, keyakinan Anda harus diimbangi dengan resiko yang sudah diperhitungkan. Pengusaha sukses adalah mereka yang menganalisa dan meminimalkan resiko dalam mengejar keuntungan. Ketika mereka selalu mengatakan, “not guts, no glory”

Merencanakan yang sesuai

Anda memiliki visi dan kepercayaan bahwa visi Anda dapat diraih. Tapi apakah Anda tahu bagaimana untuk sampai ke visi tersebut? Untuk mencapainya, Anda harus memiliki tujuan konkrit yang akan memberikan batu loncatan menuju visi utama Anda.

Buat tujuan Anda secara tertulis jangan hanya berwujud fantasi. Anda perlu merencanakannya dengan sedemikian rupa sehingga setiap tindakan yang akan dilakukan akan berkontribusi terhadap pencapaian visi Anda.

Orientasi tujuan yang kuat merupakan karakteristik dari setiap pengusaha yang sukses. Mereka memiliki visi, dan mereka tahu bagaimana untuk mencapainya. Kemampuan Anda dalam menetapkan tujuan dan membuat rencana untuk mencapainya merupakan keterampilan yang diperlukan untuk sukses. Rencana, rencana dan rencana. Karena tanpa itu kegagalannya terjamin.

Bekerja keras

Setiap pengusaha sukses itu pekerja keras. Tidak ada orang sukses hanya dengan duduk dan menatap dinding setiap hari. Bekerja keras akan mudah jika Anda memiliki visi, sasaran yang jelas, dan bergairah dengan apa yang Anda lakukan.

Terus mencari jaringan

Dalam bisnis, Anda dinilai oleh perusahaan yang Anda jalankan, mulai dari tim menajemen, dewan direksi, dan mitra strategis. Bisnis selalu memerlukan bantuan, terlebih lagi bisnis kecil.

Sangat penting untuk membentuk aliansi dengan orang-orang yang dapat membantu anda..untuk sukses dalam bisnis, Anda perlu memiliki keterampilan networking yang baik dan selalu waspada terhadap peluang untuk memperluas jaringan Anda.

Kemauan untuk belajar

Anda tidak perlu menjadi seorang pemegang gelar MBA atau lulusan PhD untuk berhasil dalam bisnis Anda sendiri. Bahkan, ada banyak pengusaha yang bahkan tidak menyelesaikan pendidikan menengahnya. Studi menunjukkan bahwa sebagian besar miliarder self-made memiliki kecerdasan rata-rata.

Meskipun demikian, orang-orang ini mencapai kesuksesannya karena mereka mau belajar. Agar berhasil, Anda harus mau bertanya, ingin tahu, tertarik, dan membuka pengetahuan baru. Kemauan untuk belajar ini menjadi lebih penting mengingat perubahan yang cepat dalam dunia teknologi dan cara melakukan bisnis.

Tekun dan memiliki keyakinan

Tidak ada yang mengatakan bahwa jalan menuju kesuksesan itu mudah. Meskipun niatnya baik dan pekerja keras, kadang-kadang Anda akan gagal. Beberapa pengusaha sukses mengalami kemunduran dan kekalahan, bahkan bangkrut, namun mereka segera bangkit untuk menjadi besar di bidang mereka.

Keberanian untuk bertahan dalam menghadapi kesulitan dan kemampuan untuk bangkit kembali setelah kekecewaan sementara akan menjamin kesuksesan Anda. Anda harus belajar untuk memperbaiki diri dan mulai dari awal lagi. Ketekunan adalah ukuran dari keyakinan pada diri sendiri. Ingat, jika Anda bertahan, tidak ada yang dapat menghentikan Anda.

Disiplinkan diri Anda

Thomas Huxley mengatakan, “Do what you should do, when you should do it, whether you like it or not.” Disiplin diri adalah kunci kesuksesan.

Kuatnya keinginan untuk memaksakan diri Anda untuk melakukan apa yang orang lain tidak ingin lakukan, berusaha lebih keras, berjuang untuk memenangkan pertempuran dengan diri sendiri merupakan harga yang harus Anda bayar dari sebuah kesuksesan.

 

One response to “Sepuluh Rahasia Pengusaha Sukses

  1. How To Make Money Online

    November 15, 2012 at 5:08 am

    You realize thus significantly with regards to this matter, made me individually consider it from a lot of various angles. Its like women and men are not involved except it is one thing to accomplish with Lady gaga! Your personal stuffs great. All the time care for it up!

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: