RSS

7 Kesalahan Paling Umum Dalam Penjualan

09 Nov

Kita semua pernah membuat kesalahan ketika menjual produk atau jasa . Berikut adalah kesalahan penjualan paling umum yang pernah dibuat.

Kesalahan penjualan #1: Membiarkan prospek untuk mengontrol proses penjualan Anda.

Cara terbaik untuk mengontrol interaksi penjualan adalah dengan mengajukan pertanyaan. Ini juga merupakan cara terbaik untuk mengetahui apakah produk atau jasa Anda memenuhi kebutuhan prospek Anda. Pastikan pertanyaan Anda mengungkap isu-isu spesifik, masalah, atau tujuan perusahaan yang sangat penting dan membantu Anda menetapkan diri sebagai seorang ahli.

Kesalahan penjualan #2: Tidak menyelesaikan pra-meeting research.

Setelah beberapa minggu Anda berhubungan dengan prospek melalu telepon, Anda memutuskan untuk melakukan pertemuan. Sayangnya, Anda melakukan pertemuan tanpa terlebih dahulu melakukan penelitian perusahaan.

Alih-alih untuk menyajikan solusi untuk masalah yang ada, Anda malah menghabiskan seluruh pertemuan sebagai pembelajaran informasi fundamental, yang bagi eksekutif senior sangat membuang-buang waktu.

Pendekatan ini merupakan salah satu kesalahan penjualan yang paling umum. Menginvestasikan waktu untuk belajar tentang prospek Anda sebelum Anda menelepon mereka dan sebelum Anda mencoba untuk menjadwalkan pertemuan sangatlah penting.

Kesalahan penjualan #3: Terlalu banyak bicara

Kebanyakan tenaga penjual terlalu banyak berbicara selama interaksi penjualan. Entah itu tentang produk mereka, fitur mereka, layanan mereka, atau sebagainya.

Seorang teman yang berkecimpung dalam bisnis periklanan dan sering berbicara dengan prospek awalnya meminta penawaran. Alih-alih ingin berbicara panjang lebar tentang pengalaman biro iklan dan kualifikasi, ia mendapatkan klien potensial berbicara tentang bisnis. Dengan melakukan hal ini ia mampu menentukan strategi yang paling efektif untuk prospek itu.

Kesalahan penjualan #4 Memberikan informasi yang tidak relevan

Ketika Anda melakukan presentasi, Anda mungkin tidak peduli tentang siapa klien Anda. Anda hanya memikirkan manfaat presentasi Anda dengan menceritakan bagaimana Anda akan mendatangkan keuntungan melalui produk atau jasa Anda.

Kesalahan penjualan #5: Anda tidak siap

Bila Anda melakukan penjualan atau menghadiri pertemuan dengan calon pelanggan sangat penting untuk mempersiapkan diri. Artinya, Anda harus memiliki semua informasi yang relevan di ujung jari Anda. Termasuk harga, testimonial, sampel, dan daftar pertanyaan kemungkinan akan ditanyakan.

Ada baiknya, Anda membuat daftar dari informasi penting yang dibtuhkan dan meninjau kembali untuk membuat kesan pertama yang hebat atau jangan melakukannya jika Anda tidak siap.

Kesalahan penjualan #6: Mengabaikan meminta penjualan

Jika Anda menjual produk atau layanan, Anda memiliki kewajiban untuk meminta pelanggan untuk berkomitmen, terutama jika Anda telah meginvestasikan waktu untuk memenuhi kebutuhan mereka dan Anda tahu bahwa produk atau jasa yang ditawarkan merupakan solusi untuk mereka.

Banyak orang yang peduli dan sedikit memaksa ketika meminta penjualan. Tapi, selama Anda memintanya dengan cara tidak mengancam, percaya diri, orang biasanya akan meresponnya dengan positif.

Kesalahan penjualan #7: Prospek gagal

Ini merupakan salah satu kesalahan paling umum yang dibuat bisnis independen. Ketika bisnis menemukan banyak calon pelanggan, banyak yang berpikir bahwa bisnis akan terus tumbuh. Namun, penjualan yang paling sukses adalah calon pelanggan sepanjang waktu. Mereka menjadwalkan waktu mereka untuk calon pelanggan ke dalam agenda mereka setiap minggunya.

About.com

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: