RSS

Bagaimana Membangun Kepercayaan Agar Bisnis Cepat Berkembang?

02 Nov

 

Kepercayaan merupakan aspek penting dalam bisnis, khususnya ketika memimpin orang lain, menjual kepada pelanggan, atau membangun reputasi jangka panjang dan nilai perusahaan. Kepercayaan biasanya didapatkan dengan sangat mudah, sulit dijelaskan, tetapi juga mudah untuk diruntuhkan atau dimusnahkan, lalu bagaimana membangunnya?

Kepercayaan sangat penting artinya dalam bisnis, karena kepercayaan memperkuat penjualan, manajemen finansial, dan kepemimpinan. Selain itu, kepercayaan juga memengaruhi kepuasan kerja dan prospek karier.

Peningkatan keuntungan bukanlah alasan terbesar dari pentingnya membangun kepercayaan. Orang menghargai kepercayaan, namun yang sering kurang disadari adalah bahwa ketidakpercayaan tidak akan terjadi dalam situasi netral, melainkan dalam situasi yang buruk. Seperti yang dialami banyak perusahaan, ketika perusahaan runtuh kita harus membayarnya dengan harga yang sangat mahal.

Perusahaan Innocent Drinks merupakan contoh dari organisasi terpercaya. Perusahaan ini memproduksi minuman buah dan smoothies berkualitas tinggi dengan semangat, profesionalisme, dan humor yang baik, sehingga mengundang kepercayaan. Karakter ini dibuat oleh manajemen tingkat atas.

Sebagaimana yang banyak dilakukan oleh para pemimpin yang terpercaya, para eksekutif di Innocent Drinks tidak menghabiskan banyak waktu untuk berfokus pada kepercayaan. Sebaliknya, mereka hanya memperlihatkan energi dan keterampilan yang dihargai orang (karyawan atau pelanggan) dan kepercayaan pun mengikutinya. Hal ini menghindarkan diri dari paradoks kepercayaan yakni semakin sering dibahas, akan semakin lemah kepercayaan.

Dalam penelitian baru-baru ini, sejumlah orang diminta untuk memberikan peringkat pada pentingnya serangkaian atribut ketika menentukan apakah akan memberikan kepercayaan pada seseorang atau tidak.

Sifat yang paling populer adalah kejujuran, dapat diandalkan, hormat, keterbukaan, keberanian, ketidakegoisan, wewenang, suka mendukung, empati, belas kasih, dan semangat. Faktor-faktor penggerak kepercayaan ini harus dipahami dan dipenuhi jika ingin mengembangkan kepercayaan.

Ada beberapa langkah praktis untuk mengembangkan kepercayaan, namun yang paling fundamental adalah kesungguhan hati. Anda harus bersungguh-sungguh dengan apa yang akan Anda katakan dan tulus dalam melakukan pendekatan.

Pertimbangkan tindakan-tindakan berikut ini:

  • Berikan apa yang Anda janjikan dan jujurlah dengan kata-kata yang Anda ucapkan.
  • Ciptakan suasana dan ekspektasi kepercayaan dengan memercayai orang lain.
  • Berikan selalu informasi pada anggota tim dengan menanyakan informasi apa yang paling membantu, menjelaskan masalah dengan hati-hati, dan berbagi informasi yang ada.
  • Berikan masukan yang membangun dengan mengindentifikasikan secara jelas sikap dari orang yang Anda berikan masukan (berfokuslah pada sikapnya, bukan orangnya).
  • Bertindaklah dengan integritas dan ketulusan.
  • Perlakukan orang lain seperti Anda ingin diperlakukan.
  • Pahamilah siapa yang sedang Anda hadapi, luangkan waktu untuk mencari tahu cara kerja dan apa yang memotivasi mereka.
  • Jadilah orang yang patuh, rajin dan konsisten.
  • Kenalilah kesuksesan dan berikan penghargaan bagi kinerja yang baik.

Bagaimana apakah Anda siap untuk membangun kepercayaan, agar bisnis yang Anda jalankan terus tumbuh dan berkembang? Dan kami yakin Anda pasti bisa. Selamat mencoba. (HN)

 Di kutib dari buku 100 Ide Bisnis Terhebat

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: