RSS

Ini Alasan Kenapa Honda CR-V Merajai SUV di Indonesia

01 Nov

PT Honda Prospek Motor, agen pemegang merek Honda di Indonesia, berhasil memasarkan New Honda CR-V sebanyak 1.641 unit pada bulan Mei lalu. Secara total, Honda CR-V telah terjual sebanyak 4.368 unit sepanjang  tahun 2012 (Januari-Mei) dan  menguasai pangsa pasar SUV sebesar 20%. Seperti apa strateginya dalam menggarap pasar?

Stabilnya tingkat pertumbuhan ekonomi nasional di angka 6-7 persen dan membengkaknya kelas menengah menyebabkan tingkat konsumsi di masyarakat tetap tinggi. Industri otomotif menjadi salah satu industri yang ikut menikmati masa bulan madu perekonomian nasional saat ini. Kondisi internal ini kemudian didukung pula oleh kondisi eksternal, dimana Thailand, salah satu pusat industri otomotif di kawasan Asia Tenggara, belum pulih benar kondisi perekonomiannya akibat terkena banjir beberapa waktu lalu, yang menyebabkan konsentrasi pertumbuhan industri otomotif bergesar ke Indonesia yang memiliki pangsa pasar lumayan besar (terbesar ketiga di dunia, setelah China dan India).

Menyikapi kondisi tersebut, PT Honda Prospect Motor (HPM), salah satu pemain di industri otomotif nasional terus berupaya memenuhi kebutuhan produk otomotif sesuai permintaan pasar. Seperti yang dilakukan di segmen SUV (sport utility vehicle) dengan menghadirkan All New Honda CR-V untuk mengaspal di tanah air, Kamis, 26 April 2012 lalu.

“Melalui model terbaru dari New Honda CR-V ini, kami ingin memberikan sebanyak-banyaknya fitur dan desain terbaru sehingga konsumen akan mendapatkan nilai yang lebih baik dari sisi kemewahan, fitur, hingga kenyamanan berkendara pada kedua varian dari model ini. Karena itu, kami mengusung konsep ‘Ultimate Evolution, Ultimate Value’ untuk New Honda CR-V,” papar Tomoki Uchida, President Director PT Honda Prospect Motor saat peluncuran produk ini di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Sementara itu, Jonfis Fandy, Marketing & After Sales Service Director PT Honda Prospect Motor mengungkapkan, untuk target pasar All New Honda CR-V adalah pria/wanita profesional usia 30 – 50 tahun, yang dinamis serta menggunakan kendaraan untuk pekerjaan sehari-hari serta bepergian bersama keluarga atau teman di akhir pekan. Untuk model terbaru ini, selain para loyalis dari CR-V, model ini juga sangat cocok untuk mereka yang ingin meng-upgrade model SUV mereka karena tipe 2.0 menawarkan harga yang terjangkau, kompetitif serta value yang lebih tinggi.

Bagi Honda, sambungnya, daya tarik utama yang ditawarkan untuk konsumen adalah kualitas dari produknya sendiri. Karena itu, Honda selalu menawarkan produk-produk yang penuh inovasi, teknologi terdepan, desain yang menarik performa yang bertenaga sekaligus hemat bahan bakar, serta value for money yang tinggi. Produk yang berkualitas ini tentunya harus memberikan kepuasan terhadap pelanggan, yang juga harus dicapai melalui after-sales service / layanan purna jual yang baik terhadap konsumen dan berbagai program yang memberikan added value bagi konsumen.

“Honda selalu ingin bahwa kebahagiaan yang dirasakan konsumen tidak terbatas pada saat mereka membeli mobil Honda, tetapi juga terus berlanjut pada saat mereka telah menggunakan mobil tersebut. Karena itu, kami selalu menghadirkan program-program yang memberikan nilai tambah bagi konsumen yang telah memilih produk kami. Program ini tentunya disesuaikan dengan karakter mobil maupun konsumen yang menjadi target market suatu produk. Beberapa contoh program yang telah dilakukan selama ini antara lain: tiket gratis untuk Kidzania dan Waterbom, gratis GPS, gratis kaca film V-Kool, Free Service, dan masih banyak lagi,” terangnya.

Lebih lanjut dijelaskan, saat ini, pasar SUV menguasai pangsa pasar sebesar 5.19% di pasar nasional selain sedan. Jonfis sendiri mengaku yakin pangsa pasar SUV masih sangat besar peluangnya di Indonesia, dimana Indonesia merupakan pasar yang konsumennya lebih berminat terhadap mobil non-sedan.

“Dengan semakin banyak kompetitor dan pemain baru di pasar SUV,  semakin mendorong kami untuk  terus menerus memberikan pelayanan yang baik, produk yang semakin berkualitas, didukung oleh kecanggihan teknologi, berinovasi serta ramah lingkungan dengan harga yang terjangkau sehingga semakin menguntungkan konsumen,” sahutnya lagi.

Sementara itu, dalam hal strategi promosi dan pemasarannya, untuk saat ini, Honda menawarkan promo added value untuk customer CR-V dengan cicilan ringan untuk  Honda CR-V dengan 5 juta per bulan, bunga 0%, gratis V-Kool. Khusus untuk customer Jabodetabek bisa mendapatkan tiket masuk waterbom untuk 2 orang.

“Sementara untuk strategi promosinya, kami lakukan sesuai dengan kondisi pasar, untuk masing-masing produk,” sahutnya seraya tersenyum.

Lebih lanjut ia menjelaskan, pangsa pasar otomotif Indonesia saat ini sedang menunjukkan tren yang sangat baik dari sisi penjualan, dimana pada tahun lalu mencapai angka penjualan tertinggi selama ini. Diperkirakan jumlah/angka penjualan ini akan kembali meningkat di tahun ini. Segmen SUV sendiri menyumbang sekitar 5% dari total penjualan mobil di Indonesia pada tahun lalu.

Menyikapi ketatnya persaingan di segmen SUV, ia merasa yakin bahwa pangsa pasar SUV masih sangat besar peluangnya di Indonesia, dimana Indonesia merupakan pasar yang konsumennya lebih berminat terhadap mobil non-sedan. Ia pun optimis, penjualan All New Honda CR-V akan semakin meningkat di bulan-bulan mendatang. “Kami yakin All New Honda CR-V akan tetap menjadi best seller,” pungkasnya. (Harry Tanoso/Majalah MARKETING)

 
1 Comment

Posted by on November 1, 2012 in Managerial skill, marketing, otomotif

 

One response to “Ini Alasan Kenapa Honda CR-V Merajai SUV di Indonesia

  1. cari tiket pesawat murah

    November 16, 2012 at 10:58 am

    Thank you for every other informative site. Where else may just I am getting that type of info written in such an ideal means? I’ve a project that I am just now working on, and I have been at the look out for such info.

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: