RSS

Loyalitas Pelanggan: Tips Agar Pelanggan Anda Semakin Dekat

18 Oct

Banyak merek yang menggunakan skema loyalty atau hadiah untuk menarik dan mempertahankan pelanggan.

Tetapi bagaimana mereka memanfaatkan cara ini untuk membangun hubungan dengan pelanggan mereka?

Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda gunakan agar pelanggan semakin dekat dengan Anda:

Konsisten dalam berkomunikasi dengan mereka

Jika pelanggan Anda berhak untuk menjadi bagian dari skema penghargaan Anda, maka ingatkan mereka bahwa mereka memiliki keuntungan dan mengkaitkan dengan kebutuhan mereka saat ini.

Bekerjalah dengan keras untuk meraih pemahaman dari pelanggan Anda sehingga mereka lebih jelas dan mengerti bahwa mereka sedang diberikan hadiah.

Salah satu waktu yang tepat untuk memulai skema ini adalah pada saat pelanggan melakukan pembelian, karena akan menjadi faktor pendorong dalam proses pengambilan keputusan pembelian mereka.

Relevan

Pastikan hadiah yang Anda tawarkan relevan dengan kebutuhan pelanggan Anda. Dalam suasana sekarang, dimana konsumen terus memperketat ikat pinggang (berhemat), merek yang yang sukses dalam melahirkan loyalitas mereka menawarkan diskon yang relevan dalam bentuk produk, merek dan waktu.

Keep in simple

Jangan memperumit program reward karena mengandung resiko. Pelanggan akan enggan untuk terlibat jika prosesnya rumit. Tetaplah konsisten dalam menyajikan penawaran yang memberikan tingkat fleksibilitas besar yang tidak hanya terbatas pada angka dan periode. Ini akan membantu melibatkan pelanggan dengan merek serta membangun hubungan jangka panjang.

Tetap segar

Jaga program reward yang terus berkembang dan menarik untuk memastikan pelanggan tidak menjadi bosan dengan hal lama yang sama. Mengisi dan merangsang skema tersebut dengan imbalan dan kesempatan baru bagi konsumen Anda sehingga Anda dianggap memiliki minat yang sama dengan mereka. Tentunya ini akan meningkatkan pembelian ulang dan membangun loyalitas.

Hal ini juga memberikan Anda kesempatan lebih banyak untuk berkomunikasi dengan mereka dan mempermudah Anda dalam mengumpulkan data yang dapat membantu anda  dalam mengembangkan komunikasi lebih lanjut ke depan dan akhirnya dapat membantu memperbaiki bottom line.

Tampil beda

Berikan reward pelanggan Anda dengan sesuatu yang berbeda dari yang lain. Hal ini dimaksudkan agar anda terlihat lebih menonjol. Memberikan nilai tambah lebih baik dibandingkan dengan memberikan harga murah atau diskon yang tersedia secara bebas di Koran dan situs publik lainnya.

Dengarkan pelanggan Anda

Pelanggan akan merasa lebih terlibat dengan merek jika merasa pendapat mereka didengarkan dan ditindaklanjuti. Anda mungkin berpikir bahwa Anda mengetahui apa yang diinginkan dan dikehendaki pelanggan Anda dari sebuah program reward. Namun, sebaiknya Anda tetap melakukan kemunikasi dua arah dengan audiens Anda.

Pastikan program Anda menarik dan pertahankan

Hadiah dan bonus merupakan cara yang tepat untuk mendorong pelanggan untuk berbisnis dengan Anda dan terbukti menjadi daya tarik tersendiri bagi pelanggan. Namun, setelah hadiah awal selesai ditawarkan,  elemen sekunder akan dibutuhkan untuk menambah elemen retensi atau hubungan.

Sebuah program  yang dapat melakukan dua pekerjaan sekaligus dalam satu waktu dapat menghemat banyak waktu dan uang, dan memberikan hasil yang fantastis.

Pelanggan akan terlibat dengan penuh loyalitas dalam skema penghargaan ini jika disajikan dengan cara yang relevan dan menawarkan nilai nyata bagi mereka, dan skema yang tepat dapat menjadi instrumen dalam mengubah pembelian pertama pelanggan menjadi hubungan jangka panjang.

 
3 Comments

Posted by on October 18, 2012 in Inspirasi, Managerial skill, marketing, Motivasi

 

3 responses to “Loyalitas Pelanggan: Tips Agar Pelanggan Anda Semakin Dekat

  1. Ali Tanton

    October 26, 2012 at 12:20 pm

    Hello Web Admin, I noticed that your On-Page SEO is is missing a few factors, for one you do not use all three H tags in your post, also I notice that you are not using bold or italics properly in your SEO optimization. On-Page SEO means more now than ever since the new Google update: Panda. No longer are backlinks and simply pinging or sending out a RSS feed the key to getting Google PageRank or Alexa Rankings, You now NEED On-Page SEO. So what is good On-Page SEO?First your keyword must appear in the title.Then it must appear in the URL.You have to optimize your keyword and make sure that it has a nice keyword density of 3-5% in your article with relevant LSI (Latent Semantic Indexing). Then you should spread all H1,H2,H3 tags in your article.Your Keyword should appear in your first paragraph and in the last sentence of the page. You should have relevant usage of Bold and italics of your keyword.There should be one internal link to a page on your blog and you should have one image with an alt tag that has your keyword….wait there’s even more Now what if i told you there was a simple WordPress plugin that does all the On-Page SEO, and automatically for you? That’s right AUTOMATICALLY, just watch this 4minute video for more information at. Seo Plugin

     
    • andri4wijaya

      November 2, 2012 at 1:42 am

      Thanks you for visiting my blog, and your comment. Nice to meet you

      Best regards,
      Andria

       
  2. P3yKBDaFE

    November 15, 2012 at 8:32 pm

    921703 842678Thank you for your extremely great info and feedback from you. car dealers in san jose 172309

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: