RSS

Arti dibalik sebuah “Like” Facebook

13 Oct
Mayoritas pengguna social media, terkenal sebagai individu yang ekpresif, yang secara aktif akan berbagi apapun, dimulai dari yang update status yang bersifat informatif sampai ke hal hal yang terkadang boleh dibilang “kurang penting” atau bersifat junk information. Kebiasaan lainnya ialah, mereka tidak akan ragu untuk mencari brand yang disukai, di facebook, untuk dijadikan “teman” atau menjadi fans nya, dengan memberikan satu klik tombol like.

Kemudahan pengguna social media untuk “nge-like” halaman facebook, membuat para praktisi maupun pakar marketing ragu akan arti dari jumlah like bagi loyalitas konsumen terhadap suatu brand. Mengingat social media beserta aksi di dalamnya dapat dilakukan oleh siapa saja, dalam artian orang yang nge-like sebuah brand di facebook, mungkin saja bukanlah seorang konsumen dari brand bersangkutan.

Tetapi sebuah penelitian yang dilakukan sebuah konsultan digital marketing, menemukan fakta menarik, sekitar 49% dari pengguna social media, menyatakan dirinya adalah konsumen loyal dari brand yang di-like nya di facebook, selebihnya menjadikan tujuannya untuk mendapatkan informasi terbaru sebagai alasan untuk nge-like facebook milik brand.

Pada penelitian tersebut juga ditemukan fakta bahwa, 67% pengguna social media berharap untuk mendapatkan penawaran khusus dari brand yang di-like nya lewat facebook. Pada kenyataanya, tidak sampai 30% brand yang memberikan penawaran khusus pada “penggemarnya” di facebook. Oleh karena itu tidaklah mengherankan bila kuantitas, dari aktifitas meng-unlike brand cukup besar, hal ini dapat dipastikan karena ekspektasi konsumen, tidak dapat dipenuhi oleh brand.

Lepas dari benar atau tidaknya, riset yang menyatakan bahwa sebagian dari kelompok yang nge-like suatu brand adalah konsumen loyal, sebagai brand yang kredibel dan tanggap akan ekspektasi audiensnya, maka ada beberapa aktivasi sederhana yang dapat dilakukan sebagai suatu bentuk apresiasi. Seperti memberikan diskon kepada para fans facebook atau menjadikan para fans, kesempatan pertama untuk mencoba suatu produk, yang belum dirilis.

Jadi apa yang akan anda lakukan untuk mengapresiasi tiap like yang diterima brand di facebook?

 
1 Comment

Posted by on October 13, 2012 in Managerial skill, marketing

 

One response to “Arti dibalik sebuah “Like” Facebook

  1. John Michael Sheehan

    November 7, 2012 at 1:17 pm

    Presently what did you say? I considered necessary! Maybe to facilitate bidding transpire my inspiration on behalf of the week, keep it emergence!

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: