RSS

Hashtag sebagai Buzzer Brand Anda

08 Oct

-Hashtag (#) atau tanda pagar yang sering disingkat menjadi “tagar” mulai populer dan tren di internet dalam beberapa tahun terakhir ini.  Twitter-lah yang pertama kali memopulerkan hashtag, dan kini situs media sosial lain pun—seperti Pinterest dan Instagram—ikut menggunakan hashtag tersebut sebagai bagian dari fiturnya. Hashtag adalah gabungan dua kata menjadi satu (tanpa spasi) dengan “#” di depannya, misalnya #marketing, #ForumPR, #harpelnas.

Hashtag digunakan oleh para pengguna Twitter di seluruh dunia untuk berkomunikasi tentang berbagai topik, dari yang ringan sampai yang berbau politik. Hashtag memudahkan Anda mencari topik-topik tertentu dan memilahnya sesuai keinginan, bahkan Anda bisa mengetahui seberapa banyak orang berminat dengan topik tersebut.

Kini brand pun sudah mulai menggunakan hashtag untuk membantu meningkatkan eksposur bisnis mereka, bahkan sering kali digunakan untuk berkomunikasi dengan para konsumen. Misalnya Tropicana Slim yang menggunakan akun @TropicanaSlim. Akun ini selalu berbagi tweet sehatnya melalui hashtag #InfoSehat, #Foodipedia, #Tropichef. Tidak jarang pula hashtag digunakan untuk berpromosi dan berkampanye sebuah produk baru, bahkan untuk melakukan riset sederhana untuk mengetahui ketertarikan konsumen akan sebuah produk.

Membuat Hashtag yang Sederhana

Hashtag dianggap baik dan benar ketika para pengguna Twitter dengan mudah mencari topik-topik yang mereka butuhkan. Dengan hashtag sederhana, para pengguna Twitter akan segera menemukan pesan yang berhubungan dengan yang mereka cari. Pemilihan topik juga sangat menentukan keberhasilan hashtag Anda untuk menjadi trending topic.

Hashtag Bagi Sebuah Brand

Banyak perusahaan—besar maupun kecil—menggunakan hashtag sebagai cara untuk mendapatkan perhatian lebih untuk merek, produk, dan jasa yang mereka tawarkan. Saat ini ada jutaan orang di seluruh dunia yang masuk ke Twitter setiap harinya untuk menulis tweet, atau membaca tweet dari yang mereka follow. Hal ini merupakan kesempatan berharga bagi brand untuk menciptakan eksposur bisnis Anda melalui hashtag. Bagi brand, menciptakan dan menggunakan hashtag sudah menjadi pilihan terbaik saat ini.

Keterlibatan brand yang lebih besar biasanya diterjemahkan ke dalam pengalaman yang lebih positif bagi konsumennya yang memiliki efek jangka panjang. Hal ini bisa dilakukan melalui media sosial, salah satunya Twitter dengan hashtag-nya.

Topik yang Sesuai dengan Brand

Buatlah sebuah topik yang berhubungan dengan bisnis dari brand Anda, kemudian tweet topik tersebut dengan menggunakan hashtag. Anda juga bisa melakukan pencarian terlebih dahulu topik-topik yang sedang dibicarakan dan populer, dan mencari tahu hashtag apa yang saat ini sedang menjadi tren.

Salah satu hashtag yang sudah menjadi populer dan sering digunakan adalah #marketing. Anda bisa menggunakan hashtag #marketing dan hashtag buatan Anda sendiri secara bersamaan, sehingga ketika orang mencari #marketing, hashtag Anda pun akan muncul. Jika Anda ingin berpromosi atau berkampanye untuk sebuah produk baru, Anda bisa men-tweet dan mengakhiri tweet menggunakan hashtag #newproduct. Ingat, relevansikan topik dengan brand Anda.

Hashtag seperti layaknya SEO, Anda bisa secara konsisten menggunakan hashtag dan dipakai terus-menerus, seperti yang dilakukan dengan kata kunci untuk SEO pada website Anda. Hal ini akan membantu pengguna Twitter menemukan topik dengan hashtag Anda kembali. Pemilihan topik, pembuatan hashtag sederhana, dan mudah diingat sangat menentukan keberhasilan sebuah hashtag, karena itulah hashtag dianggap seperti SEO. Hashtag yang Anda pilih adalah kata kunci keberhasilan brand Anda. Selamat mencoba. (Kusnadi Assaini)http://www.marketing.co.id

 
Leave a comment

Posted by on October 8, 2012 in marketing

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: