RSS

Jay-Z: I’m Not A Businessman, I’m A Business, Man

07 Oct

Jay-Z bisa jadi adalah salah satu rapper paling sukses di jagad ini. Tak hanya sukses menjual albumnya, ia juga membangun kerajaan bisnisnya. Jay-Z tak lagi hanya seorang rapper, ia telah menjelma menjadi sebuah merek dengan nilai jutaan dolar.

Selain sukses menjual 40 juta kopi album, bisnis pria kelahiran Brooklyn, New York, 4 Desember 1969 ini juga terbentang mulai dari bisnis pakaian, wewangian, saham di New Jersey Nets, sports bar, minuman, hingga hotel dan game.

Dengan pencapaiannya, tak mengherankan bila ia masuk dalam daftar 100 selebritas paling berpengaruh versi Forbes dengan penghasilan sebesar 38 juta dolar setahun.

Perkenalannya dengan dunia bisnis dimulai dengan Rocawear, clothing line yang ia dirikan bersama Damon Dash. Pada tahun 2007 ia menjualnya kepada Iconix Brand Group senilai 204 juta dolar. Meski begitu hingga kini ia masih menjadi pemilik saham mayoritas di sana.

Dari clothing line ia masuk ke bisnis sports bar dengan ikut mendirikan 40/40. Pada 2005 ia juga masuk ke bisnis kosmetik dengan menjadi investor pada Carol’s Daughter.

Ayah Blue Ivy Carter ini juga tercatat sebagai co-brand director Budweiser. Di perusahaan tersebut Jay-Z terlibat dalam program marketing strategis dan pengembangan iklan kreatif. Ia juga masuk dalam bisnis wewangian dengan menggandeng Elizabeth Arden. Masih belum puas, ia juga menjajal bisnis hotel dengan berinvestasi pada J Hotel di New York.

Langkahnya yang terbaru adalah meluncurkan channel YouTube baru bertajuk Life+Times pada 6 Oktober lalu. Channel ini akan menampilkan konten video original dan segar, dimulai dari video konser Jaz-Z di Barclays Center, Brooklyn.

Merawat Merek dengan Kejujuran dan Keseriusan

Musik dan bisnisnya telah mengubah suami Beyonce Knowles ini menjadi salah satu merek terkuat di dunia. Namun, merek tersebut hanya akan memperoleh kekuatannya bila orang-orang yakin bahwa hal tersebut benar-benar mewakili Jay-Z.

Pemilik nama asli Shawn Corey Carter ini menyadari sepenuhnya hal tersebut. Hal ini tergambar dengan jelas dalam lirik lagu Diamond From Sierra Leone yang merupakan kolaborasi dirinya dengan Kanye West. “I’m not businessman, i’m a business, Man.”

Brand saya adalah perpanjangan dari diri saya. Hal tersebut dekat dengan diri saya. Saya tidak menjalankan bisnis seperti GM (General Motors) yang tidak mempunyai keterikatan emosional,” katanya seperti dikutip oleh http://www.menshealth.com.

Menurutnya segala yang ia kerjakan berhubungan dengan dirinya, dan ia selalu berusaha jujur dengan segala yang ia kerjakan. “Pakaian saya adalah perpanjangan dari diri saya, begitu juga dengan musik saya. Semua bisnis saya adalah bagian dari kultur. Karenanya saya berusaha untuk selalu jujur dengan apa yang saya kerjakan. Semoga dengan begitu orang-orang akan mengikutinya,” ujarnya.

Tak hanya jujur, ia juga sangat serius menjalankan bisnisnya. Karakternya dalam berbisnis mendapat pujian dari rekan-rekan bisnisnya. “Dia sangat cerdas. Dia memahami dirinya sebagai brand. Dia juga sangat konsisten dan tidak berhenti mencari sesuatu yang baru,” begitu kata Neil Cole, CEO Iconix Brand Group.

Tidak hanya itu, ia juga sangat berhati-hati dalam menentukan langkahnya. “Kalau merasa tidak yakin dengan langkah bisnis yang akan diambil, ia akan menundanya hingga segalanya benar-benar tepat. Ia juga mempunyai selera yang luar biasa dalam membawa merek dan dirinya ke level yang lebih baik,” imbuh Cole.

Jay-Z adalah seorang pebisnis yang sangat memahami kekuatan merek. Dia tahu pasti peran merek dalam kesuksesan sebuah bisnis. Ia pun dengan cerdas merawat merek dirinya. Di atas hal tersebut lah kerjaan bisnisnya berdiri megah. (http://www.menshealth.com)

 
2 Comments

Posted by on October 7, 2012 in marketing

 

2 responses to “Jay-Z: I’m Not A Businessman, I’m A Business, Man

  1. Londyn ogloszenia

    October 17, 2012 at 12:23 pm

    Londynski jest najlepszym i najwiekszym portalem w Londynie dla Polakow w
    Anglii. Sa tam ogloszenia w Londynie, wiadomosci, przydatne rzeczy i wiele innych ciekawych linkow oraz rzeczy.
    Londyn Praca, Londyn Ogloszenia, Londyn pociagi, pogoda oraz wiele i
    to wiele rzeczy przydatnych. Zobacz sam

     
    • andri4wijaya

      November 2, 2012 at 1:42 am

      Thanks you for visiting my blog, and your comment. Nice to meet you

      Best regards,
      Andria

       

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: