RSS

Apple: Merek Terkuat di Muka Bumi

06 Oct

Bagi merek, pasar tak ubahnya seperti medan perang. Mereka selalu berusaha menaklukkan yang lain agar tampil sebagai nomor satu. Nah, merek apakah yang keluar sebagai pemenang dan menjadi merek terkuat di muka bumi ini.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Forbes tahun ini kembali mengeluarkan daftar merek-merek terkuat. Bisakah Anda menebak siapa yang berada di puncak daftar ini? Ya, masih sama seperti sebelumnya, Apple masih menjadi merek terkuat di dunia.

Ternyata “ribut-ribut” seputar iPhone 5 tidak mampu menggoyahkan Apple dari singgasananya. Setahun setelah kepergian Steve Jobs, Apple masih berjaya menjadi pemimpin dalam inovasi dan dicintai oleh konsumennya di seluruh dunia.

Merek Apple berhasil membantu perusahaan tersebut meraih keuntungan sebesar 40 miliar dolar selama setahun. Menurut Forbes, kombinasi antara nilai finansial dan dukungan konsumen lah yang membuat Apple berada di puncak daftar ini.

“Apple menentukan langkah, mengubah kategori dan kebutuhan yang bahkan tidak kita sadari sebelumnya,” kata Billy Mann, Managing Director firma konsultasi Penn Schoen Berland.

Menurut Forbes, merek Apple bernilai sebesar 87,1 miliar dolar. Angka ini naik 52 persen dibanding dua tahun lalu ketika Forbes menyusun daftar serupa.  Nilai merek yang dimiliki Apple ini juga lebih tinggi 59 persen dibanding Microsoft yang berada di posisi runner up.

Brand Microsoft ditaksir bernilai 54,7 miliar dolar. Microsoft juga masih menjadi raksasa keuangan dengan margin laba operasi sebesar 42 persen.

Hal yang menarik ketika Apple meroket dengan market value mereka, ternyata hati konsumen tetap milik Microsoft. Hal ini bisa jadi buah dari komunikasi iklan mereka. Belanja iklan Microsoft mencapai 1,6 miliar dolar per tahunnya, hampir dua kali lipat dari belanja iklan Apple.

Dari survei merek global berdasarkan persepsi yang dilakukan oleh Landor Associates dan Penn Schoen Berland, Microsoft berada di urutan pertama. “Microsoft bagaimanapun telah menjadi pemimpin dalam industri yang terus bertransformasi selama puluhan tahun,” jelas Mann.

Sementara Apple secara mengejutkan berada di urutan sebelas. Meski begitu, nilai merek yang jauh melampaui yang lain, membuat Apple tetap menjadi merek paling kuat.

Posisi ketiga daftar ini ditempati oleh Coca Cola. Merek minuman bersoda ini mempunyai nilai sebesar 50,2 miliar dolar. Tahun lalu perusahaan ini menjual 26,7 miliar kemasan soda di seluruh dunia. Meski penjualannya mengalami penurunan selama tujuh tahun terakhir, Coca Cola masih menjadi merek dengan penjualan terbaik.

Berikut ini daftar 10 merek terkuat di dunia:

  1. Apple dengan nilai merek sebesar 87,1 miliar dolar.
  2. Microsoft dengan nilai merek sebesar 54,7 miliar dolar
  3. Coca Cola dengan nilai merek sebesar 50,2 miliar dolar
  4. IBM dengan nilai merek sebesar 48,5 miliar dolar
  5. Google dengan nilai merek sebesar 37,6 miliar dolar
  6. Intel dengan nilai merek sebesar 32,3 miliar dolar
  7. McDonald’s dengan nilai merek sebesar 37,4 miliar dolar
  8. General Electric dengan nilai merek sebesar 33,7 miliar dolar
  9. BMW dengan nilai merek 26,3 miliar dolar
  10. Cisco dengan nilai merek 26,3 miliar dolar

Bila diamati, merek-merek teknologi dan elektronik  menguasai daftar tersebut. Apa artinya hal itu? Apakah itu berarti hidup kita telah dikuasi oleh teknologi? Jawabannya hanya Anda, konsumen yang tahu. (http://www.forbes.com)

 
Leave a comment

Posted by on October 6, 2012 in marketing

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: