RSS

Dedikasikan Produk untuk Perempuan Aktif

12 May

Posted by admin on Mar 18th, 2011

Selain menawarkan keunggulan produk, Balancea juga mengajak perempuan Indonesia untuk melawan life-toxins. Meski baru dipasarkan, produk ini diyakini memiliki prospek pasar yang bagus.


Yuna Eka Kristina-Public Relations Manager-OT Group

Peran ganda perempuan sebagai pekerja sekaligus ibu rumah tangga menjadikan hidup tidak semudah dan sesederhana seperti zaman dahulu. Perempuan menjadi serba sibuk dan memiliki mobilitas tinggi. Sadar atau tidak, aktivitas yang semakin tinggi mengakibatkan perempuan semakin berisiko untuk terpapar faktor-faktor eksternal di luar kontrolnya. Tentu saja ini akan memengaruhi kesehatan fisik maupun keseimbangan emosional mereka. Hal tersebutlah yang dinamai sebagai life-toxins.

“Keadaan demikian ‘memaksa’ perempuan berhadapan dengan life-toxins yang mengganggu hidupnya. Berdasarkan hal di atas lahirlah ‘Balancea’, yang diharapkan dapat membantu perempuan Indonesia mengatasi masalah tersebut. Balancea merupakan inovasi produk terbaru dari Kiranti, yang telah dipercaya perempuan Indonesia sebagai produk untuk kebutuhan perempuan Indonesia,” ucap Yuna Eka Kristina, Public Relations Manager OT.

Ditambahkan Yuna, dasar dari sebuah perusahaan meluncurkan produk baru pasti karena melihat adanya potensi pasar. Begitu juga dengan OT sebelum meluncurkan Balancea ini. Potensi pasar bisa dilihat dari sudut industri maupun konsumen. Dari sisi industri, bisnis minuman semakin bertumbuh setiap tahunnya, dan mulai menunjukkan pergerakan ke arah minuman antioksidan. Ini menunjukkan potensi yang bisa digarap.

“Sedangkan potensi dilihat dari konsumen, antara lain konsumen sekarang semakin modern, pintar, dan semakin peduli terhadap kesehatan. Mereka cenderung melihat khasiat dari minuman dan mulai menyadari manfaat dari minuman kesehatan, termasuk minuman antioksidan,” ungkap dia.

Sekadar informasi, Balancea merupakan minuman alami yang mengandung antioksidan tinggi karena terbuat dari tiga eksotik herbal, yaitu ekstrak Rosella asli yang dikombinasikan dengan Punica granatum dan Barbados Cherry. Balancea resmi diluncurkan pada bulan Mei 2010. Adapun target pasar yang dibidik adalah perempuan urban usia 20–34 tahun, aktif, pintar, peduli terhadap kesehatan, open minded, modern, dan senang bersosialisasi.

Adanya perpaduan tiga eksotik herbal dalam Balancea memberikan manfaat yang lebih maksimal, karena bahan tersebut juga mengandung vitamin C, vitamin B, serta berbagai manfaat penting lainnya. Selain itu, kandungan gula yang ada dalam Balancea lebih rendah dibanding produk pomegranate, teh, atau produk jus lainnya, sehingga nyaman dikonsumsi. Karenanya, Balancea diposisikan sebagai produk minuman antioksidan pilihan terbaik dari perpaduan tiga eksotis herbal untuk keseimbangan kesehatan tubuh.

“Walaupun manfaat dari minuman antioksidan ini sudah dikenal di masyarakat, kesadaran untuk meminumnya masih dapat dikatakan kecil. Oleh karena itu, edukasi masihlah sangat penting. Biasanya, isi edukasi tersebut bersifat meningkatkan kesadaran masyarakat akan tingginya risiko radikal bebas—terutama di perkotaan. Jadi, tantangannya lebih kepada edukasi masyarakat akan hal tersebut,” papar Yuna.

Oleh karena itu, guna melancarkan konsumen untuk membeli, Balancea dipasang dengan harga yang terjangkau, yakni Rp 6.000. Tentunya, harga tersebut dapat dijangkau oleh konsumen, terutama oleh segmen yang menjadi target pasar golongan A-B. Sedangkan untuk distribusi awal, Balancea dapat ditemukan di pasar modern.

Lantas, benarkah Balancea menyasar kalangan perempuan? “Sebenarnya Balancea bisa diminum siapa saja, laki-laki dan perempuan. Namun, perempuan memang menjadi target utama Balancea. Alasannya karena perempuan kini semakin aktif dan dinamis, sehingga berisiko tinggi terkena radikal bebas. Atas dasar itulah Balancea hadir sebagai solusi dan sahabat bagi perempuan,” imbuh dia.

Yuna menjelaskan bahwa wanita zaman sekarang banyak sekali menghadapi segala sesuatu yang dapat mengganggu keseimbangan hidupnya, secara fisik maupun emosional. Oleh karena itu, dalam melakukan edukasi terhadap konsumen, Balancea tidak semata-mata menawarkan manfaat dan keunggulan produk, namun juga mengusung sebuah kampanye yang memberdayakan perempuan Indonesia, yaitu “Fight Life-Toxins Naturally”.

Kampanye ini mengajak perempuan untuk menyadari bahwa life-toxins adalah sesuatu yang mengganggu keseimbangan hidup mereka. Misalnya, deadline, kemacetan, hubungan dengan teman, radikal bebas, dan sebagainya. Ini akan selalu dihadapi oleh perempuan dan tidak bisa dihindari. Oleh karena itu, perempuan kini harus pintar dalam menghadapi hal tersebut, yaitu dengan cara-cara yang alami. Melalui pendekatan dengan melihat kebutuhan tersebut, diharapkan Balancea dapat lebih diterima.

“Fight Life-Toxins Naturally mengingatkan para perempuan untuk terus melawan life-toxins dengan alami—baik toxin fisik ataupun emosional. Misalnya, terus melatih diri untuk berpikir positif, dan ditambah dengan manfaat antioksidan alami dan kesegaran dari Balancea. Semoga dengan kampanye tersebut, perempuan jadi lebih bersemangat dan berusaha mencapai keseimbangan dalam hidup,” jelas Yuna.

Diungkapkan Yuna, meskipun Balancea terbilang produk baru, tetapi target penjualan tentunya diharapkan setinggi mungkin. Namun sekarang ini, strateginya lebih menekankan pada penerimaan Balancea oleh masyarakat. “Sejak Balancea diluncurkan, penerimaan konsumen cukup baik. Tetapi, untuk ukuran besarnya penjualan di pasar, belum bisa disimpulkan,” ucap dia.

Guna menyukseskan Balancea di pasar, Yuna mengungkapkan beberapa kunci keberhasilan memasarkan Balancea. Yakni, melihat perempuan sebagai konsumen yang tidak hanya memerlukan keunggulan produk, tapi juga harus dimengerti, dan diperhatikan; juga menghadirkan produk yang dapat memenuhi kebutuhan konsumen. “Yang terpenting adalah terus berinovasi untuk menghasilkan produk-produk terbaik. Tentunya, harus mempertahankan kualitas atau mutu produk,” pungkas Yuna. (Majalah MARKETING/Fisamawati)

 
Leave a comment

Posted by on May 12, 2011 in strategi bisnis

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: